Sukses

Nih 5 Motor Listrik yang Layak Dimiliki, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan motor listrik, baik di global atau di Indonesia terus berkembang. Bahkan, dengan semakin meningkatnya polusi udara dan kepedulian masyarakat, pabrikan otomotif menciptakan motor ramah lingkungan.

Untuk di Indonesia, setelah Zero, hadir juga Viar Motor dengan merilis Q1, menyusul motor listrik nasional kerja sama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Gesits, yang bakal hadir dalam waktu dekat.

Jika di Indonesia motor listrik hanya sebatas model sport dan skuter, lain halnya di belahan dunia lain. Banyak produsen motor yang sudah menciptakan motor listrik dengan model full fairing, naked, bahkan supermoto.

Mau tahu motor listrik dengan model yang keren itu, berikut ulasannya:

Energica Ego

Untuk motor listrik pertama yang layak dibahas yaitu Energica Ego. Motor dari salah satu perusahaan superbike asal Italia ini berbentuk sport full fairing. Sejatinya, Energica juga memiliki motor listrik naked, yaitu Eva.

Motor listrik Energica Ego memiliki tenaga yang cukup dahsyat, dengan didukung motor 100 kW yang mampu menghembuskan daya hingga 134 Tk. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mencapai kecepatan hingga 240 km/jam.

Untuk harganya, Energica Ego dibanderol antara US$ 25 ribu sampai US$ 34.544.

1 dari 3 halaman

Next

Johammer J1

Johammer J1 merupakan motor listrik asli buatan Austria. Motor ini memiliki tampang yang unik, dengan semua jeroan motor tertutup dan hanya ada beberapa panel yang menonjol keluar.

Dengan bentuk seperti itu, motor listrik ini mirip dengan serangga atau kumbang. Motor listrik yang ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu J1.150 dan J1.200. Keduanya dilengkapi baterai lithium-ion, berpendingin udara, dan penggerak rear-wheel 11 kWh yang menghasilkan tenaga 16 kW.

Dengan mesin tersebut, Johammer J1 diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Zero SR

Satu lagi motor listrik yang keren dengan model naked bike, yaitu Zero SR. Desain tajam,  rangka alumunim proporsional, dan posisi riding yang nyaman untuk berkendara di perkotaan.

Untuk spesifikasi performa, model ini dipersenjatai dengan baterai Z-Force Li-ion Intelligent, dengan kapasitas 12,5 kWh. Dengan baterai ini, Zero SR mampu menghembuskan daya hingga 67 Tk dengan torsi 144 Nm.

Dengan spesifikasi tersebut, motor ini bisa melaju hingga 160 km di luar kota hanya dalam satu kali isi ulang baterai. Serta bisa lebih dari 300 km di dalam kota, jika pengendara menginstalasi baterai tambahan.

2 dari 3 halaman

Next

Empulse TT

Nama Victory memang sudah menyatakan tutup awal tahun depan. Namun di industri sepeda motor listrik, pabrikan ini sempat menjadi perbincangan dengan motor listrik yang cukup buas, yaitu Victory Brammo Empulse TT.

Motor bergaya naked ini juga disebut-sebut penjegal dari proyek motor listrik besutan Harley-Davidson, yaitu Livewire.

Motor ini disematkan motor listrik dengan sumber tenaga baterai lithium ion dengan daya 10.4 kilo Watt hours (kWh) dan mampu menyemburkan kekuatan 54 Tk serta torsi 82,8 Nm.

Baterai ini dapat diisi hanya dengan waktu di bawah empat jam. Setelah terisi penuh, motor tersebut dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 160 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 160 kilometer (eco mode).

Redshift MX

Untuk motor listrik yang terakhir dibahas, yaitu Redshift MX. Motor dengan sosok motocross (MX) ini memiliki desain yang cukup keren, ramping, dan sangat sederhana.

Jika motor trail konvensional di bawah sasis dipenuhi dengan mesin, untuk motor ini dilengkapi battery pack dengan ukuran besar.



Baterai ini diklaim memiliki kapasitas sebesar 5,8 kWh, dan mampu bertahan hingga tiga jam saat digunakan terus-menerus. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan tenaga hingga 40 Tk, tapi dengan torsi yang tembus 165 Nm, dengan kecepatan maksimal hingga 105 km/jam.

Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?