Sukses

Truk Tanpa Sopir Tak Punya Jok dan Jendela

T-Pod dirancang sebagai truk perkotaan yang memiliki panjang 7 meter dengan daya angkut hingga 20 ton, dan melaju dengan jangkauan 200 km.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan kendaraan tanpa sopir sedang banyak dikembangkan para pabrikan otomotif. Namun yang tak kalah canggih dibuat perusahaan asal Swedia, yaitu Einride.

Berbeda dengan yang lainnya, Einride tak membuat kendaraan otonom untuk mobil melainkan truk masa depan yang disebut T-Pod.

Uniknya T-Pod dapat digerakan dengan tenaga listrik yang tidak memiliki ruang kontrol kemudi manual, baik itu jok, lingkar stir, atau kaca jendela. Sebaliknya, truk ini dapat dikendalikan dari jarak jauh. Demikian dilansir Motor1, Jumat (7/7/2017).

Truk ini disebut dapat dioperasikan menggunakan on-board manual sebagai alat control dari di tempat nan jauh disana. Hal ini dilakukan karena teknologi otonom dianggap masih jauh dari sempurna.

Akan tetapi desain T-Pod cukup modern, karena dirancang untuk truk perkotaan dengan panjang tujuh meter, dan daya angkut hingga 20 ton, serta mampu melaju dengan jangkauan 200 km.

Rencananya Einride akan kembali melakukan percobaan pada T-Pod musim gugur tahun ini, dan mulai diproduksi sebanyak 200 unit hingga 2020.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.