Sukses

Solusi Otomotif: Kopling Honda Sonic Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana menseting tuas kopling yang benar dan tips menggunakannya dengan baik?

Alasan pertanyaan : sepeda motor saya h*nda S*nic sejak 7 bulan masa pengambilan motor sudah mengalami 2x pergantian plat kopling. Tolong pencerahannya.
--Taufik Rochman--Gerlong, Bandung

Dear Taufic,

Beritu cara seting kopling:
1. Setel jarak main bebas kopling dengan cara menyetel mur penyetel bagian atas dengan memutar ke kiri (berlawanan arah jarum jam) atau dengan cara menyetel mur penyetel bagian bawah dengan memutar ke kanan  (searah jarum jam) dan ukur jarak main bebas handle koplingnya sekitar 10–20 mm.
2. Jangan lakukan penyetelan handle kopling terlalu renggang atau terlalu rapat karena efeknya jika terlalu rapat akan berakibat kanvas kopling cepat selip dan jika terlalu renggang akan susah pindah gigi ke posisi netral akibat kopling tidak menekan/bekerja saat lepas tangkai kopling atau sebaliknya.

Tips agar kanvas kopling awet:
1. Pada saat menggunakan kopling tidak dianjurkan untuk setengah kopling terlebih ketika melewati genangan air yang tinggi dengan memaksakan menggunakan setengah kopling agar mesin motor tidak mati.
2. Pada saat di lampu merah disarankan tidak menekan handle kopling, tapi posisikan gigi dalam keadaan Netral.
3. Lakukan pengecekan routing kabel sudah benar dan cek juga pergerakan kabel kopling lancar atau tidak jika tidak lancar ganti kabel koplingnya.
4.  Lakukan penggantian oli, secara periodik. Karena  kinerja kopling akan berkurang saat kualitas oli sudah menurun, artinya jika oli yang jarang diganti bisa membuat gesekan yang lebih kasar yang bisa mengakibatkan kanvas mudah terkikis.
5. Untuk keluhan sudah melakukan penggantian kampas kopling 2 kali selama pemakaian 7 bulan, saya sarankan untuk datang ke bengkel resmi Honda (AHASS) terdekat untuk dilakukan pengecekan atau analisa lebih lanjut untuk memastikan penyebab dari kampas kopling cepat aus.
Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject: SOLUSI OTOMOTIF

Nama:

Usia:

Lokasi:

Pertanyaan:

Nomor Telepon:

Alamat Lengkap:

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

Artikel Selanjutnya
Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?
Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?