Sukses

Ini Perlengkapan Wajib untuk Mobil Jadul

Mobil yang telah uzur kerap mengalami masalah dan mogok.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil berusia uzur, bukan berarti tak bisa lagi dikendarai. Di Indonesia, penggemar mobil dengan usia yang cukup lawas masih kerap ditemui. Bahkan komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) tergolong memiliki banyak anggota yang mobilnya menggunakan Kijang jadul (jaman dulu).

Menurut anggota TKCI yang juga mantan Ketua TKCI periode sebelumnya, Dimas Betet, bagi para pemilik mobil jadul, ada baiknya membawa ‘obat-obatan’ atau perlengkapan wajib seperti v-belt, platina, koil, busi, dan carburetor cleaner.

“Namanya mobil tua pasti sering batuk. Jalannya juga tidak seperti jaman dulu, bentar-bentar di sini macet, terus ganti radiator seperti yang Kijang Kapsul, supaya tetap dingin dan temperatur mesin tidak cepat naik,” ucap Dimas saat ditemui Liputan6.com, akhir pekan.

Kendati demikian, perlengkapan yang disebutkan di atas juga perlu dibawa jika mobil model lain yang tergolong tua.

Sejumlah mobil jadul kerap mengalami permasalahan seperti overheat atau sering panas. Hal ini dipastikan menyebabkan mobil mogok. Permasalahan mobil mogok biasanya karena pengapian atau karburator.

Namun demikian, yang terpenting dari merawat mobil tua yaitu selalu rajin mengganti oli dan juga servis.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.