Sukses

Model Penghabisan, Ducati 1299 Panigale R Final Edition

Liputan6.com, California - Ducati melalui sang CEO, Claudio Domenicali, bersama Marco Melandri dari tim Ducati World Superbike membuka selubung motor baru 1299 Panigale R Final Edition (R-FE), di Pebble Beach, California, Amerika Serikat, Sabtu (8/7) pekan lalu.

Motor ini, sebagaimana dilaporkan motorcycle.com, akan menjadi lineup terakhir di keluarga motor sport Panigale. Ia akan diproduksi dalam jumlah yang tidak begitu banyak, tapi juga tidak dikategorikan sebagai motor edisi terbatas.

"Hari ini, di sini, kita ada untuk merayakan sejarah Panigale. Kita berdiri di puncak era baru, di mana sistem desmodromik kita akan digunakan pada mesin V4 generasi baru yang berasal dari pengalaman luas di MotoGP," ujar Domenicali.

Ya, motor ini sekaligus jadi simbol "penghormatan" pabrikan asal Italia tersebut terhadap mesin L-Twin yang cukup lama mereka pakai dalam tiap lineup motor yang dibuat. Setelah ini, motor sport mereka akan menggendong mesin V4 baru yang semakin canggih dan buas.

Panigale 1299 R-FE sini menggendong mesin 1.285 cc bertenaga 209 Tk. Sebagai pembanding, Panigale 1299 S atau R tenaganya hanya sampai 196 Tk. Torsinya juga naik dari 136,9 Nm jadi 141 Nm.

Tidak hanya sektor mesin, perubahan juga terjadi di bagian lain. Pipa knalpotnya, misalnya, terbuat dari titanium, sama seperti Panigale untuk ajang WSBK. Beberapa fitur unggulan lainnya adalah Ducati Traction Control EVO (DTC EVO), Engine Brake Control (EBC), dan ABS.

Sayangnya tidak disebutkan berapa harga satu unit motor dengan tiga skema warna ini.

Artikel Selanjutnya
Warna Baru Ducati XDiavel S, Seperti Apa?
Artikel Selanjutnya
Mercedes-AMG Siapkan G63 dan G65 Edisi Khusus