Sukses

Menyelami Sejarah Otomotif Melalui Mercedes-Benz Museum

Galeri Mercedes-Benz Museum.

Liputan6.com, Stuttgart - Di sela acara Bosch Mobility Experience 2017 yang dihelat di Boxberg, Jerman, 5 Juli kemarin, Liputan6.com berkesempatan mengunjungi salah satu museum otomotif paling beken di seluruh dunia, Mercedes-Benz Museum.

Satu hal menarik dari museum ini, bahwa ia adalah satu-satunya tempat di dunia yang bisa mendokumentasikan sejarah industri otomotif dalam kurun waktu lebih dari 130 tahun. Model tertua yang bisa ditemukan di tempat ini adalah Benz Patent-Motorwagen, yang diproduksi pada 1886.

Seluruh mobil tersebut dikelompokkan berdasarkan usia. Mobil tertua yang ada di museum ini menempati lantai teratas, bersama mobil-mobil generasi awal lainnya yang bentuknya menyerupai kereta kuda. Makin ke bawah, koleksi akan semakin modern.

Menariknya informasi tentang koleksi tidak perlu repot-repot dibaca. Pasalnya, pengelola museum telah menyediakan gadget khusus yang berisi informasi tentang itu. Gadget tinggal diarahkan pada salah satu koleksi, lalu sound recorder berisi informasi koleksi tersebut otomatis terputar.

Berikut foto-fotonya:

 

Mercedes-Benz 280 SE 3.5 (W111), terpajang persis setelah pintu masuk museum. Mobil yang cukup ikonik ini tercatat telah melaju sampai 87 ribu km. Mobil ini dibuat antara 1959 sampai 1971. (Foto: Rio/Liputan6).

Benz Patent-Motorwagen, koleksi tertua di Mercedes-Benz Museum. Mobil tua ini dibuat tahun 1885, dan dikenal sebagai automovile pertama di dunia. Mobil ini dilengkapi mesin 954 cc satu silinder bertenaga 2 sampai 3 Tk. (Foto: Rio/Liputan6).

Dikenal sebagai the first modern automobile, Mercedes 35 PS didesain pada 1901 oleh  Wilhelm Maybach and Paul Daimler. Kemajuang signifikan dari model sebelumnya adalah ia dilengkapi dengan sasis baja dan mesin bensin yang cukup kuat. (Foto: Rio/Liputan6)

Mercedes Benz 508-M, dengan desain non-modern, dibuat pada 1902. Mesin mobil bisa memuntahkan tenaga yang cukup besar pada masanya, 40 Tk. (Foto: Rio/Liputan6).

Mercedes-Benz 300 SL, dibuat antara 1954 sampai 1963 sebanyak 3.258 unit. Satu aspek yang paling menarik dari mobil ini adalah ia memakai pintu gull-wing. (Foto: Rio/Liputan6).

Semakin ke lantai bawah, koleksi museum akan semakin modern. Contohnya adalah mobil ini, Mercy  B 250 e. Mobil ini sepenuhnya digerakkan oleh listrik sehingga tidak mengeluarkan emisi sama sekali. Jarak tempuhnya mencapai 230 km dalam satu kali isi ulang (Foto: Rio/Liputan6).

Koleksi mobil balap Mercedes-Benz, dengan tata letak yang menyerupai sirkuit asli. (Foto: Rio/Liputan6).

 

Koleksi museum tidak hanya mobil, tapi juga tropi dan perlengkapan balap yang pernah digunakan. Seperti bisa dilihat, peralatan pembalap masih sangat kuno juga dibandingkan dengan sekarang. (Foto: Rio/Liputan6). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.