Sukses

Ini Cara Mudah Mengetahui Keaslian Aki GS Astra

Liputan6.com, Jakarta - Satu "takdir" yang mungkin dialami semua penguasa pasar industri manapun adalah pemalsuan. Hal ini juga yang dialami oleh GS Astra, produk aki dari PT Astra Otoparts Tbk.

Tahun lalu, aki OEM (langsung dari pabrikan) GS Astra menguasai hampir 90 persen mobil-mobil baru. Sementara di pasar aftermarketnya lebih dari 50 persen. Begitu juga dengan pasar aki untuk motor. Kuantitas yang memang menggiurkan bagi oknum pemalsu.

Pemalsuan ini tidak hanya merugikan konsumen, tetapi juga produsen itu sendiri. Menurut Yusak Kristian Solaeman, Direktur Astra Otoparts, semenjak maraknya pemalsuan, produk mereka setidaknya mengalami stagnansi perkembangan, bahkan market share-nya cenderung turun.

"Setidaknya 15 tahun lalu mulai stagnan pasar kami. Bahkan turun. Pada saat itu (setelah diteliti) ternyata karena banyak merek yang abal-abal," ujar Yusak, dalam acara yang dihelat di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui apakah aki GS yang dipakai asli atau palsu? Yusak memberikan sejumlah ciri, yang sebetulnya sangat mudah dikenali.

"Sebuah brand abal-abal di bagian kardus dan kontainernya tidak ada tulisan 'didistribusikan oleh PT Astra Otoparts'," ujar Yusak. Tulisan ini berada persis di bawah logo "GS".

Meski cukup mudah diketahui, namun terkadang konsumen terkecoh karena layout desain kardus dan kontainer aki cukup mirip satu sama lain. Tapi memang hanya aki asli yang ada tulisannya.

Selain itu, untuk memastikan kalau aki yang dipakai adalah GS Astra asli, maka sebaiknya konsumen juga hanya membeli di toko resmi, yaitu di Shop & Drive. "Kalau beli di sana, kami sudah pastikan konsumen hanya mendapatkan aki asli," tutup Yusak.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Oli Warna Warni, Hanya Tren atau Ada Manfaat Lain?
Artikel Selanjutnya
Oli Mobil Asli Jerman Masuk Indonesia, Apa Kelebihannya?