Sukses

Honda Civic Type R Racikan Italia, Semakin Agresif

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan Civic Type R versi jalan raya pada bulan Maret kemarin, Honda Motor Co pekan lalu memperkenalkan versi balapnya. Mobil ini akan dipakai dalam berbagai seri balap, termasuk TCR International Series.

Foto yang ada di atas adalah penampakan Type R versi balap, atau nama resminya Civic Type R TCR. Sampai saat ini hanya ada satu foto itu yang dilansir pabrikan Jepang tersebut.

Sebagaimana terlihat, mobil yang dikembangkan bersama JAS Motorsport asal Italia ini tampil semakin agresif ketimbang yang standar. Terdapat splitter depan yang besar, lubang bonnet yang juga besar, lengkungan roda yang lebar, serta tidak ketinggalan sayap di bagian belakang.

Seluruh bodykit ini pada dasarnya adalah paket aerodinamika yang dapat mengurangi drag, serta meningkatkan downforce ketimbang mobil sebelumnya. Mobil ini juga dilengkapi dengan driver cooling, fitur yang sangat penting dalam ajang balap tertentu, misalnya balap 24 jam.

"Mobil baru ini menunjukkan perkembangan yang signifikan di beberapa area utama. Misalnya aero, suspensi, dan elektronik," ujar Mads Fischer, dari JAS, dikutip dari Top Gear.

Di sektor mesin, Civic Type R TCR ini menggendong mesin 2,0 liter turbo empat silinder bertenaga 350 Tk. Sebagai pembanding mesin di Type R standar hanya mengeluarkan tenaga 316 Tk.

Civic Type R TCR akan dibuat sebanyak 25 unit, dan akan mulai dipakai di ajang TCR International Series musim depan. Selain itu ia juga akan dijual ke masyarakat umum, tapi dalam jumlah yang terbatas. Sayang tidak disebut berapa harganya.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?