Sukses

Honda PCX Bakal Dilengkapi Airbag

Liputan6.com, Tokyo - Honda kembali memamerkan kantung udara keselamatan (airbag) untuk matik bongsor PCX di Honda Meeting 2017 yang dihelat di Jepang. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan ke publik di negeri asalnya 5 sampai 7 Juni kemarin.

Melansir Nikkei Technology, airbag ini dikembangkan atas kerja sama dengan Autoliv Inc, pemasok sistem keselamatan kendaraan. Dikatakan teknologi ini akan diproduksi massal dengan harapan agar jumlah korban akibat kecelakaan sepeda motor bisa diminimalisasi.

"Dalam banyak kasus kecelakaan, sepeda motor biasanya menabrak bodi samping mobil. Jadi airbag bisa berkontribusi mengurangi jumlah korban," demikian pernyataan resmi Honda.

Adapun cara kerja airbag motor ini sama persis dengan yang ada di mobil. Ketika sensor mendeteksi kendaraan mengalami tabrakan, kantung udara yang tersimpan di bawah panel akan langsung mengembang dengan kecepatan antara 0,04 sampai 0,05 detik.

Ukuran airbag ketika mengembang cukup besar dan lebar. Tingginya setara dengan kepala orang dewasa ketika menduduki jok, sementara lebarnya lebih dibanding lebar motornya sendiri.

Airbag untuk sepeda motor sebetulnya bukanlah barang baru bagi Honda. Sebelumnya dengan Autoliv, mereka telah terlebih dulu memasangkan airbag di model Gold Wing. Namun sayangnya, ketika itu airbag-nya ternyata bermasalah, sehingga ribuan motor harus ditarik dari peredaran.

Tahun 2015, Honda juga mendaftarkan paten airbag untuk sepeda motor. Posisi penyimpanannya berada di dekat tangki bahan bakar pada motor berjenis sport.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Daftar Mobil Baru yang Dirilis di GIIAS 2017
Artikel Selanjutnya
Alasan Jalanan Menikung Dibuat Miring