Sukses

Empat Fakta Menarik Honda CR-V Turbo

Liputan6.com, Malang - PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan all new Honda CR-V generasi kelima pada ajang Indonesia International Motor Show di Jakarta pada April 2017 lalu. Pembaruan yang dilakukan tidaklah hanya sekadar perubahan minor saja, melainkan major change, sehingga bisa dikatakan CR-V ini akan menawarkan sesuatu yang berbeda dan baru.

Kali ini, HPM mengundang awak media untuk menguji ketangguhan dari SUV andalannya tersebut. Rute yang dipilih adalah Malang - Gunung Bromo - Surabaya, dengan estimasi total jarak 180 km. Sebelum mengujinya, Liputan6.com akan memaparkan fakta-fakta menarik dari CR-V generasi keenam.

1. Mesin lebih kecil, tenaga setara 2,4 liter

CR-V terbaru mengadopsi mesin 1,5 liter turbocharger dengan Earth Dreams Technology bertenaga 187 Tk pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm. Untuk diketahui, CR-V generasi sebelumnya mengadopsi mesin 2,4 liter DOHC i-VTEC bertenaga 187 Tk pada 7.000 rpm dengan torsi puncak 221 Nm pada 4.400 rpm.

Honda tetap menawarkan mesin naturally aspirated, yaitu 2,0 liter SOHC i-VTEC bertenaga 151 Tk pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 189 Nm pada 4.300 rpm.

2. Tidak ada pilihan transmisi manual

Jika sebelumnya Honda masih memberikan opsi pilihan transmisi manual, pada CR-V generasi kelima semua varian ditawarkan dengan transmisi CVT. Penggunaan transmisi berjenis CVT terbilang baru, karena CR-V generasi sebelumnya mengadopsi sistem transmisi otomatis 5-percepatan atau manual 6-percepatan.

3. Berkapasitas 7 penumpang

Honda akhirnya mempertimbangkan jumlah kapasitas penumpang pada CR-V. Sehingga kini CR-V memiliki daya tampung hingga 7 penumpang. Yang perlu diingat, fitur ini tersedia untuk CR-V tipe Turbo dan Turbo Prestige, untuk tipe 2,0 liter masih berkapasitas 5 penumpang.

4. Bisa minum premium

Mesin turbo identik dengan penggunaan bahan bakar dengan nilai RON tinggi. Namun, bagaimana jika dalam kondisi darurat dan mengharuskan untuk mengisi premium? Nyatanya, CR-V Turbo masih sanggup diberikan bahan bakar premium.

Dilansir OTO.com, Koji Hirano, Assistant Large Project Leader All New Honda CR-V, Honda Co., Research and Development Centre, mengatakan,"Kami menguji CR-V dengan RON 83 yang merupakan bahan bakar dengan oktan terendah di dunia. Jadi ron 88 yang dimiliki premium, bisa juga digunakan. Tapi tentunya yang kami rekomendasikan adalah RON 92 sesuai di buku manual."

Seperti apa rasa berkendara SUV andalan milik Honda terbaru? Ikuti terus pengujiannya di Liputan6.com.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?