Sukses

Toyota Kembangkan Airbag Jenis Baru

Toyota Gosei, bekerja sama dengan Toyota Motor Corp bekerja sama mengembangkan airbag (kantung udara pengaman) baru.

Liputan6.com, Kiyosu - Toyota Gosei, bekerja sama dengan Toyota Motor Corp bekerjasama dalam mengembangkan airbag (kantung udara pengaman) baru.

Melansir toyoda-gosei.com, Kamis (20/7/2017), airbag yang dikembangkan adalah airbag samping, yang dipasang di samping tempat duduk atau di trim pintu. Airbag di bagian ini berfungsi untuk mengurangi dampak benturan dari samping, terutama pada dada dan perut.

Dijelaskan lebih lanjut, airbag ini jenis baru yang berbeda dengan airbag konvensional. Pada model-model biasa, airbag disusun dari dua kantung udara terpisah. Sementara yang baru terdiri dari tiga kantung. Satu kelebihannya adalah ia bisa diterapkan pada kendaraan berbagai ukuran.

Selain itu, dikatakan bahwa penyerapan benturan lebih efisien. Ketiga struktur kantung udara dapat bekerja sama baiknya.

Model ini terpasang pada Camry yang baru saja meluncur di Jepang, bulan lalu. Ia juga bakal dipasang di sekira 2,5 juta kendaraan per tahun, termasuk model-model lain.

Meski tidak dijelaskan alasan pengembangan airbag baru ini, tapi diduga ia berkaitan dengan skandal yang terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

Toyota pernah punya masalah dengan airbag milik perusahaan Jepang lain, Takata Corp. Airbag, alih-alih mengembang, justru mengeluarkan material padat yang dapat membahayakan pengendara ketika momen tabrakan/kecelakaan terjadi.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.