Sukses

Menguji Potensi All New Honda CR-V Turbo di Bromo

Liputan6.com, Probolinggo - PT Honda Prospect Motor mengajak 60 awak media nasional untuk menguji all new CR-V Turbo dengan rute Malang - Bromo - Surabaya pada 19-21 Juli 2017.  Setelah memberikan impresi pertama dari segi eksterior dan interior, kali ini Liputan6.com akan menguji potensi dari CR-V generasi kelima.

CR-V yang kami uji adalah varian Turbo Prestige bermesin 1,5 liter DOHC VTEC Turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga 187 Tk pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Anda juga dapat memainkan rasio transmisi dengan menggunakan paddle shift yang berada di balik lingkar kemudi.

Perjalanan pertama kami dimulai dengan beberapa lokasi di kota Malang. Tipikal jalanan yang rata dan ramai membuat kami tidak dapat merasakan potensi mesin yang bersemayam di balik bonnet.

Saat matahari mulai terbenam, kami mulai menguji CR-V Turbo ke gunung Bromo. Kali ini kami dapat merasakan sebagian potensi yang dimiliki.

Kontur jalanan yang dipenuhi oleh tanjakan curam dengan tikungan tajam menjadi tantangan tersendiri. Torsi puncak yang sudah tersedia dari putaran 2.000 rpm mempermudah kami untuk melahap tanjakan demi tanjakan tanpa menggunakan putaran mesin yang tinggi.
All new Honda CR-V Turbo pamer kemampuan di Gunung Bromo. (Amal/Liputan6.com)
Sesekali mobil harus berhenti dalam posisi menanjak, fitur Hill Start Assist cukup membantu untuk memulai start.

Salah satu fitur yang berguna adalah keberadaan Auto Levelling pada lampu depan. Saat lampu mobil menyilaukan pengguna jalan yang lain, sudut lampu akan menurun dengan sendirinya, sehingga mengurangi resiko kecelakaan.

Saat yang paling menyenangkan adalah pengujian performa di pasir berbisik. Meskipun 'hanya' berpenggerak roda depan, CR-V dapat melaju di pasir berbisik dengan lincah berkat Vehicle Stability Assist.

Sesekali kami mematikan fitur tersebut agar dapat 'menari' di hamparan pasir. Memang roda kehilangan traksi dan harus melakukan counter-steer. Namun, itu adalah hal yang menyenangkan.

Setelah puas bermain di pasir berbisik, kami melanjutkan perjalanan ke arah kota Surabaya. Kali ini perjalanan terbilang lebih santai dan kami mengaktifkan fitur cruise control saat melewati jalan bebas hambatan.

Cruise control akan mempertahankan kecepatan mobil, sehingga Anda tidak perlu menekan pedal gas. Pengaturan kecepatan dapat dilakukan melalui tombol di lingkar kemudi. Dan saat Anda melakukan akselerasi maupun deselerasi, sistem akan mati dengan sendirinya.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Mengintip Senjata Andalan Volvo Bangkit di Indonesia
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Mau Cari Mobil Galak, Bisa Coba Honda Civic Type R