Sukses

Mitsubishi Fuso Produksi Truk Listrik, Dipakai 7-Eleven

Liputan6.com, Kawasaki - Tenaga listrik tidak hanya diadopsi oleh mobil penumpang. Ia juga digunakan oleh produsen-produsen mobil komersial seperti Mitsubishi Fuso.

Baru-baru ini, sebagaimana dikutip dari Responsejp, Senin (24/7/2017), Fuso mulai memproduksi truk listrik di pabrik mereka yang ada di Kawasaki, prefektur Kanagawa. Mobil ini diberi nama E-Canter. E, merujuk pada kata Electric. Sementara Canter adalah salah satu nama produk mereka.

E-Canter yang secara resmi masuk ke dalam segmen compact truck (truk ringan) ini tampil perdana di Hanover Motor Show 2016. Ia didesain untuk mengantar barang-barang di dalam kota (bukan ekspedisi), dengan jarak berkendara terjauh mencapai 100 km jika baterai terisi penuh.

Dikatakan lebih jauh, E-Canter akan jadi truk listrik produksi massal pertama yang dibuat di Jepang. Ia akan dirilis pada September nanti. Sayang, pabrikan berlogo tiga berlian itu belum menginformasikan berapa harga jual truk bertenaga 248 Tk dan torsi 380 Nm ini.

Selain truknya sendiri, pada Mei lalu, Fuso juga mempersiapkan stasiun isi ulangnya. Stasiun fast charging ini dibangun di dalam kompleks pabrik. Proses pengisian baterai cukup efisien dengan waktu hanya sekitar satu jam untuk 80 persen kapasitas baterai.

Nantinya, E-Canter gelombang satu, atau sampai akhir tahun ini, hanya akan dibuat 50 unit untuk pasar domestik. Sebanyak 25 di antaranya sudah dipesan oleh 7-Eleven. Sementara, 100 unit lagi akan dibuat untuk pasar Eropa di pabrik yang ada di Tramagal, Portugal.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
2020, Gesits Ditargetkan Go International
Artikel Selanjutnya
Target Penjualan Mitsubishi Xpander Belum Maksimal, Kenapa?