Sukses

Ada Mobil Legendaris Schumacher di GP Belgia

Mobil legendaris milik Michael Schumacher akan dipajang sebagai hiburan tambahan bagi para pengunjung di GP Belgia, bulan depan.

Liputan6.com, Stavelot - Akan ada hal berbeda di Grand Prix (GP) Belgia 2017 yang dihelat di sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, 25 Agustus nanti. Mobil legendaris milik Michael Schumacher akan dipajang sebagai hiburan tambahan bagi para pengunjung.

"Hal yang baru dari GP ini adalah ada fan zone lebih banyak dua sampai tiga kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar promotor GP Belgia, Andre Maes, dikutip dari Motorsport.

Tak hanya dipamerkan, jet darat ini juga akan dipacu ke lintasan sesungguhnya. Penonton yang sudah cukup "berumur" akan membayangkan bagaimana pembalap yang sejak tiga setengah tahun lalu terbaring koma di kediamannya, pernah sangat berjaya di lintasan itu.

Mobil yang dimaksud adalah Benetto B192. Mobil ini mengantarkan Schumacher meraih kemenangan pertamanya di F1, 1992 lalu.

Bentuk jet darat ini dikembangkan oleh dua desainer bernama Ross Brawn dan Rory Bryne. Mesin yang dipakai untuk mobil ini adalah mesin milik Ford, HBA5/HB47, berkubikasi 3.498 cc. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Meski desainnya dianggap estetis, namun secara teknis ia bisa dibilang kurang lengkap. Benetto B192, misalnya, tidak dilengkapi kontrol traksi dan ABS sebagaimana kompetitor.

Adapun motivasi penyelenggara memboyong mobil ini adalah untuk meningkatkan kembali perhatian masyarakat. Diharapkan uang dari hasil penjualan tiket juga turut meningkat. Maklum, tahun lalu penyelenggara mengalami kerugian 8,62 juta euro karena membengkaknya biaya perawatan.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.