Sukses

Selain Bemo, Angkutan Umum Ini Calon Dimusnahkan

Liputan6.com, Jakarta - Angkutan umum bemo secara perlahan akan digantikan dengan model baru dan berbeda. Pengganti bemo, yakni jenis kendaraan mungil beroda empat bernama Bajaj Qute.

Menurut Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI, Petrus Tukimin, Bajaj Qute yang merupakan buatan India memiliki desain yang nyaman dan lebih ramah lingkungan karena bermesin empat tak, serta mengusung Euro3.

“Kalau sudah selesai (penggantian bemo ke kendaraan roda empat), kami akan ganti Kancil. Walau sudah mesin empat tak, tapi sudah tidak layak,” ungkap Petrus saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (25/7/2017).

Kata Petrus, penggantian kendaraan Kancil sendiri bukan semata-mata karena rencana pemerintah untuk pembaruan angkutan umum, tetapi adanya desakan dari para pemilik dan sopir.

“Pemilik pengen ganti. Cuma memang kemarin belum ada angkutannya, kalau ganti bajaj roda tiga mereka tidak mau, maunya roda empat,” jelasnya.

Sekadar informasi, 17 unit kendaraan roda empat disebar di beberapa wilayah di Jakarta sebagai angkutan umum pengganti bemo.

Bajaj Qute, salah satu kendaraan roda empat ini telah mendapatkan izin sementara untuk uji coba, mulai dari 19 Juli 2017 hingga tiga bulan ke depan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.