Sukses

Hebat, Orang Indonesia Terlibat Pengembangan Lexus LC 500

Liputan6.com, Jakarta - Lexus LC 500 yang baru saja diluncurkan pada Rabu (26/7) ternyata memiliki cerita menarik pada saat pengembangannya. Salah satunya adalah tim Lexus merekayasa sistem audio dengan melibatkan orang Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtajadja. Menurut dia, Lexus LC 500 dibekali sistem audio Mark Levinson Surround Audio dengan 13 speaker, dipadukan dengan layar infotainment EMV berukuran 10,3 inci. Pengembangan sound system dalam mobil performa tinggi tidaklah mudah, karena harus bersatu padu dengan suara yang dihasilkan oleh mesin.

Lexus LC 500 mengadopsi mesin 4.969 cc natural aspirated V8 yang menghasilkan tenaga 470 Tk dengan torsi puncak 532 Nm. Natural aspirated memiliki suara khas tersendiri, untuk menikmati suara mesin, Lexus memiliki trik sendiri.

"Dalam ruang mesin LC 500 terdapat tabung khusus yang menyalurkan suara mesin ke dalam kabin, ini membuat penggunanya lebih semangat," ungkap Adrian.

Dibutuhkan keahlian khusus untuk memadukan "keganasan suara" dari mesin dan sistem audio pada kabin agar dapat menjadi sebuah simfoni yang sempurna.

"Dia (sistem audio LC 500) adalah high end audio, orang Indonesia ini terkenal sebagai jagonya audio, bukan skala pabrikan, tapi audio profesional dalam hal membuat audio customized sangat canggih. Dia (orang Indonesia) masuk ke dalam tim Lexus. Dia meng-combine suara audio engine dan musik di dalam. Susunan staging dirasakan dan diperhatikan sungguh-sungguh," ungkap Adrian, tanpa menyebut detail identitas orang Indonesia yang terlibat.

Menariknya, kolaborasi ini baru diterapkan pertama kalinya. "Ini untuk pertama kalinya di Indonesia. Ini sebuah amazing experience yang baru," tutup Adrian.

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.