Sukses

Bajaj Qute Tidak Aman, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari terakhir Liputan6.com sering menginformasikan soal Bajaj Qute, kendaraan mungil roda yang sudah bisa ditemukan di beberapa lokasi di Jakarta sebagai angkutan umum.

Di negeri asalnya sendiri, India, mobil ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Bahkan tes tabraknya pernah dilakukan lembaga keselamatan Euro NCAP.

Sayangnya, hasil tes tabrak tahun lalu menunjukkan bahwa mobil ini kurang aman. Qute hanya memperoleh satu bintang dari maksimal lima bintang. Lebih spesifik, Qute hanya mendapat poin 4 dari maksimal 16 dalam tes tabrak depan (frontal crash) serta poin 6 dari 16 untuk tes tabrak samping (side crash).

Disebutkan melalui laman resminya, euroncap.com, dikutip Kamis (27/7/2017), hasil ini cukup berbeda jauh dibanding mobil sejenis. "Hasilnya menunjukkan sedikit perbaikan sejak tes terakhir yang dilakukan pada 2014," tulis mereka.

Sementara Michiel van Ratingen, Secretary General Euro NCAP, mengatakan bahwa hasil ini cukup mengecewakan. Ia menyebut bahwa seharusnya mobil ini punya lebih banyak fitur keselamatan.

"Sangat mengecewakan melihat mobil ini punya fitur keselamatan yang kurang dibanding mobil kecil lain. Mobil ini masih belum tunduk pada aturan yang sama pada mobil penumpang (dengan regulasi yang ketat soal fitur keselamatan minimal," ujar van Ratingen.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Awas, Kecerobohan Bisa Bikin Mobil Terbakar
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit