Sukses

Bajaj Perluas Penetrasi di ASEAN, Indonesia Tujuan Utama?

Pabrikan roda dua besar asal India, Bajaj Auto, berencana untuk mengapalkan kendaraannya ke Thailand dalam beberapa bulan ke depan.

Liputan6.com, Pune - Pabrikan roda dua besar asal India, Bajaj Auto, berencana untuk mengapalkan kendaraannya ke Thailand dalam beberapa bulan ke depan. Ini adalah bagian dari strategi untuk memperluas pangsa pasar di Asia Tenggara.

Sebelumnya, mereka telah menjual motor ke sejumlah negara ASEAN, termasuk Filipina, Singapura, Myanmar, dan Malaysia.

Bajaj Auto President Business Development and Assurance, S Ravikumar, mengatakan bahwa ASEAN dibidik karena faktanya regional ini penjualan motor begitu besar.

"Asia Tenggara adalah pasar besar untuk roda dua. Kami mendapat respons baik dari Malaysia, dan dalam beberapa bulan ke depan juga akan mulai ekspor ke Thailand," ujarnya, dikutip dari India Times.

Ravikumar memang tidak menyebut Indonesia sebagai salah satu pasar tujuan. Namun, dengan melihat fakta bahwa ada lebih dari lima juta unit motor terjual tahun lalu, tentu pasar ini begitu menggoda. Meski, memang mereka pernah memiliki pengalaman buruk beberapa tahun lalu.

Bajaj terpaksa hengkang dari Indonesia sejak tahun lalu karena tidak mampu bersaing, meski telah bekerja sama dengan salah satu pabrikan Jepang, Kawasaki.

Selain itu, dipilihnya ASEAN juga karena mereka ingin tidak terlalu tergantung dari salah satu regional saja. Beberapa pasar mereka, semisal Sri Lanka dan Nigeria, mengalami kelesuan.

Namun begitu, tentu rencana mereka tidak akan berjalan dengan mulus. Asia Tenggara adalah pasar yang dikuasai pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha. Siapa pun yang coba masuk ke pasar yang dikuasai mereka, akan mendapat tantangan yang sangat berat.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.