Sukses

Bingung Pilih SUV atau MPV? Semua Punya Kelebihan dan Kekurangan

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Tanah Air masih didominasi oleh mobil yang memiliki daya angkut banyak. Sebut saja multi purpose vehicle (MPV), atau mobil keluarga yang saat ini menjelma menjadi mobil favorit konsumen di Indonesia.

Bahkan, mobil sport utility vehicle (SUV) mulai menerapkan konfigurasi yang sama seperti MPV, yaitu tujuh penumpang. Tentu saja, dengan dua pilihan segmen tersebut bakal membuat masyarakat bingung memilih antara SUV atau MPV?

Meskipun jika dilihat dari konfigurasi, banyak mobil SUV yang tujuh penumpang, tetap saja kedua model memiliki perbedaan yang mendasar. Mari kita bahas satu per satu.

Disitat dari berbagai sumber, SUV sejatinya merupakan perpaduan antara sedan dan jip. Dengan bodi besar serta ground clearance tinggi, model ini memang ditujukan untuk menembus berbagai kondisi jalan, baik jalan raya dengan kontur jalan halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang atau rusak.

Model SUV di Indonesia digolongkan menjadi dua, yaitu low SUV (LSUV) dan SUV. Untuk LSUV, ada model yang populer seperti Honda HR-V 1.5, Toyota Rush, Honda BR-V, Daihatsu Terios, Suzuki SX4, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, dan Nissan Juke.

Sementara untuk SUV ada lebih banyak pilihan, sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda HR-V 1.8, Nissan X-Trail, Honda CR-V, Isuzu MUX, dan Mazda CX-5.

1 dari 2 halaman

Next

Sementara untuk MPV dikenal juga sebagai minivan. Mobil yang memiliki utilitas sangat baik, dengan mampu membawa penumpang lebih banyak. Namun, sensasi berkendara MPV memang tidak sama dengan SUV yang siap di segala medan, bahkan medan off-road. Tapi kalau MPV, jangan coba-coba.

Untuk di Indonesia, MPV dibagi menjadi low MPV (LMPV), MPV, dan upper MPV. Segmen LMPV menjadi pasar paling digemari di Indonesia. Tidak heran, banyak produsen roda empat di Tanah Air berlomba-lomba untuk terjun di segmen ini.

Untuk mobil yang sudah sangat terkenal di segmen ini, ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, dan Nissan Evalia. Di luar mobil yang disebutkan, untuk tahun ini konsumen mendapatkan pilihan baru, yaitu Wuling Confero S dan Small MPV Mitsubishi yang baru akan lahir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Sementara untuk segmen MPV, ada Toyota Innova, Nisan Grand Livina, Isuzu Panther, dan Toyota Sienta. Sedangkan upper MPV, ada model Toyota Alphard, Nissan Serena, Toyota Velfire, Mazda Biante, Honda Odyssey, Hyundai H-1, Mitsubishi Delica, Chevrolet Orlando, dan Nissan Elgrand.

Selain pembagian segmen, untuk pasar MPV juga terbagi berdasarkan penggerak roda depan atau belakang.

Jadi, pilih SUV atau MPV? Sebenarnya jika berorientasi sebagai mobil keluarga, keduanya ada yang bisa berperan sebagai mobil keluarga. Untuk SUV, silakan pilih yang memiliki konfigurasi tujuh penumpang, bahkan dengan kelebihan kenyamanan berkendara.

Namun, jika memilih MPV, tidak masalah juga. Mungkin harga bisa menjadi senjata utama di segmen ini, khususnya untuk LMPV.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Jika Kendaraan Listrik Sah di Indonesia, MPV Masih Jadi Idola?
Artikel Selanjutnya
Memprediksi Nasib MPV di Masa Depan, Seperti Apa?