Sukses

Ini Hatchback dan MPV Paling Fenomenal di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif Tanah Air salah satu pasar potensial di Asia Tenggara, bahkan Asia. Tidak heran, jika banyak produsen otomotif dunia yang berinvestasi besar di Indonesia, baik untuk membangun pabrik atau menelurkan model baru.

Memang, dalam beberapa tahun terakhir pasar otomotif mengalami kelesuan, sejak penjualan mobil tercapai 1,2 juta unit terakhir pada 2014. Mulai 2015 hingga tahun ini, untuk mencapai penjualan 1 juta unit saja terasa sulit.

Meskipun begitu, tidak menyurutkan berbagai produsen untuk mengurangi investasi. Sebut saja Wuling yang berani membangun pabrik di Indonesia dengan investasi besar, atau Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terus mengembangkan produksi baik untuk domestik dan ekspor.

Catatan manis penjualan mobil di Indonesia memang tidak lepas dari berbagai model yang sukses menarik minat konsumen. Bahkan, hingga saat ini penjualan model tersebut masih moncer, meskipun sudah dijual selama 10 tahun lebih.

Mau tahu mobil apa saja itu?

Toyota Avanza

Tidak bisa dipungkiri, Avanza merupakan model yang paling sukses dibawa atau diciptakan Toyota di Indonesia. Low multi purpose vehicle (LMPV) ini masih jadi pilihan, meskipun banyak hadir model pesaing yang coba meruntuhkan tirani mobil sejuta umat ini.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003, Toyota Avanza selalu menjadi yang terlaris di Indonesia. Bahkan menurut Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, jumlah penjualan Toyota Avanza sampai Juni 2017 telah mencapai 1,6 juta unit.

"Diperkirakan untuk mencapai dua juta unit butuh 3-4 tahun ke depan, karena saat ini penjualan Toyota Avanza mencapai 10 ribu unit per bulan," tutup Soerjo.

1 dari 2 halaman

Next

Toyota Kijang Innova

Seperti kesuksesan sang adik, Toyota Avanza, sang kakak Toyota Kijang setali tiga uang. Multi purpose vehicle (MPV) milik raksasa asal Jepang ini, memiliki sejarah cukup panjang, dan bisa dibilang pembuka kesuksesan segmen MPV di Tanah Air.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Juni 1977, total penjualan mobil ini sudah mencapai lebih dari 1.750.000 unit dan merupakan angka penjualan tertinggi di segmen MPV Indonesia.

Toyota Kijang generasi pertama merupakan model yang hadir karena kebijakan pemerintah, untuk menciptakan alat angkut serbaguna di pertengahan 1970-an. Kemudian, seiring berjalannya waktu, tercipta Toyota Kijang generasi kedua pada 1981, dan bukan sebagai alat angkut komersial, tapi sudah berstatus sebagai mobil penumpang keluarga atau MPV.

Kehadiran Toyota Kijang generasi kedua menjadi pembuka pasar MPV, dan dikenal sebagai ceruk pasar paling besar. Meskipun sudah berganti nama, dengan embel-embel nama Innova, mobil ini tetap jadi pilihan konsumen di Indonesia, bahkan menjadi salah satu produk ekspor tersukses dari Toyota Indonesia.

Honda Jazz

Jika dua model sebelumnya hadir sebagai model yang sukses di segmen mobil keluarga atau MPV, beda dengan mobil satu ini. Disebut Honda Fit dan diperkenalkan pertama kali di Jepang pada 2001, model ini sudah beredar di lebih dari 115 negara termasuk Indonesia.

Masuk pasar otomotif Tanah Air sebagai Honda Jazz pada 2004, mobil dari pabrikan berlambang huruf 'H' ini menjelma menjadi raja di segmen hatchback. Penjualannya pun sangat positif, dari pertama kali diluncurkan hingga saat ini.

Di Indonesia, Honda Jazz telah terjual sebanyak 287.240 unit. Bahkan, Honda mengklaim Jazz menjadi hatchback nomor satu di segmennya. Untuk tahun ini, meskipun mengalami penurunan penjualan, namun Jazz tetap unggul dari pesaing utamanya, Toyota Yaris.

Hingga semester pertama berjalan, Honda Jazz terjual sebanyak 7.806 dan kembali meninggalkan pesaing terberatnya, Toyota yaris yang hanya terjual sebanyak 6.892 unit. 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Mazda Kebanjiran Order di GIIAS, Model Ini yang Paling Dicari
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Toyota Avanza Goyah dan Penantang Innova