Sukses

Rahasia di Balik Aroma Oli 2 Tak

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang cukup diingat bagi mereka yang pernah memiliki sepeda motor dua langkah atau kerap disebut two stroke dan 2-tak, yakni selain suaranya yang nyaring, jenis motor ini juga harus menggunakan oli samping.

Uniknya, oli samping pada sepeda motor jenis ini ternyata cukup berbeda dengan oli-oli pada umumnya, yakni aroma oli samping 2-tak jika tercium terkadang memberikan rasa wangi.

Lantas apa rahasia yang membuat oli 2-tak ini wangi?

“Itu cuma masalah tambah pewangi biasa saja,” ucap Sales and Marketing Director PT Federal Karyatama, Herry Hambali saat ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Meski tak menyebutkan campuran dan zat aditif apa yang membuat wangi, Herry mengatakan, wangi atau tidaknya oli tidak mempengaruhi performa yang dihasilkan.

Selain itu, penggunaan oli samping dengan aroma wangi pada sepeda motor juga tetap akan memberikan emisi gas buang.

“Yah, ini cuma pilihan biar wangi saja oli-nya. Tapi sekarang sudah enggak ada (produksi oli) yang 2-tak. Karena kami mendukung program pemerintah untuk lebih go green. Dulu (Federal oil) memang ada,” tuturnya.

Sepeda motor dengan mesin 2-tak keberadaannya kini tak lagi popular seperti di era 90-an dan awal tahun 2000. Cepat dan mudah perawatannya menjadi alasan motor ini diburu.

Hanya saja secara bertahap, sepeda motor 2-tak tergerus dengan keberadaan motor-motor mesin 4-tak. Alasannya, mesin 2-tak lebih boros bahan bakar dan juga kadar emisi gas buang lebih tinggi dibandingkan motor mesin 4-tak. 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Oli Warna Warni, Hanya Tren atau Ada Manfaat Lain?
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas