Sukses

Keren, Motor Listrik Klasik Ini Berbodi Kayu

Bahkan, tidak hanya motor listrik dengan bentuk konvensional, tapi juga motor listrik dengan bentuk klasik berbahan kayu dan logam.

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik memang tengah berkembang pesat, baik di global maupun di Indonesia. Bahkan, tidak hanya motor listrik dengan bentuk konvensional seperti skuter matik (skutik), sport, dan futuristik, tapi juga bentuk klasik seperti Avionics V1.

Dilansir Autoevolution, Senin (31/7/2017), Avionics V1 merupakan motor listrik berbahan kayu dan logam yang diciptakan dua pemuda Polandia, Jaromir dan Bartek. Motor ini memiliki desain yang khas, seperti Indian atau Harley-Davidson era 1900-an.

Melihat sejarahnya, dua pemuda ini bertemu pertama kali di Pantai Baltik, dan memiliki semangat yang sama dalam kegemarannya bertualang serta alat transportasi alternatif. Kemudian, keduanya akhirnya memutuskan untuk membangun perusahaan Avionics.

Kembali ke Avionics V1, motor listrik ini dibangun dari kayu pohon Jatoba, mulai dari bingkai ringan berbentuk tabung, sandaran belakang yang panjang, dan lampu berbentuk bulat.

Namun, jangan berharap motor ini dipersenjatai mesin V-Twin layaknya Harley-Davidson, karena motor ini hanya terdapat baterai, motor listrik, serta soket untuk mengisi ulang daya baterai. Semua perangkat tersebut, diletakan di peti tepat dimana mesin motor ditaruh.

Dengan motor listrik tersebut, tenaga disalurkan ke roda belakang dengan rantai dan dapat menghasilkan daya hingga 5.000 watt dengan torsi maksimum sebesar 125 Nm.

Untuk top speed mencapai 58 km/jam, dan saat di jalan dengan menggunakan baterai 24 Ah lithium-ion mampu menempuh jarak 120 km, dengan waktu pengisian baterai selama dua sampai tiga jam.

Tidak ada informasi harga, namun menurut laman resmi Avionics, motor listrik tersebut bisa diorder pada September tahun ini.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.