Sukses

Canggih, Teknologi Panasonic Bisa Deteksi Sopir Ngantuk

Panasonic kembangkan teknologi canggih anti kantuk untuk pengemudi mobil.

Liputan6.com, Tokyo - Jika mendengar nama Panasonic, pasti Anda berpikir sebuah merek peralatan rumah tangga. Itu memang benar. Namun, tahukah Anda jika perusahaan asal Jepang ini dalam beberapa tahun terakhir mulai merambah dunia otomotif?

Tidak hanya turun di pasar suku cadang, tapi juga penciptaan inovasi teknologi otomotif. Nah, salah satunya adalah teknologi canggih anti kantuk untuk pengemudi mobil.

Dilansir Motor1, Selasa (1/8/2017), teknologi ini memang bukan yang pertama, karena sudah banyak diaplikasikan oleh merek otomotif terkemuka di dunia, seperti Volvo dan Mercedes-Benz yang bisa memantau pengemudi dan menentukan kapan pengemudi harus beristirahat.

Namun, teknologi dari Panasonic ini lebih bersifat pribadi, dengan melihat mata, ekspresi wajah, dan suhu panas tubuh dengan kamera inframerah.

Selain itu, teknologi ini juga melihat cahaya ambien untuk menentukan, apakah itu siang atau malam, dan semua informasi tersebut diproses melalui fitur kecerdasan yang kemudian memutuskan, apakah pengemudi harus beristirahat atau tidak.

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat Anda terjaga selama mengemudi? Sayangnya, Panasonic tidak menjelaskan secara detail dan hanya menyarankan dengan menyalakan AC yang secara teori akan membangunkan Anda dan membuat lebih nyaman saat mengemudi.

Panasonic mengatakan, contoh sistem pengendalian kantuk ini akan tersedia pada Oktober mendatang.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.