Sukses

Sengitnya Perang Diskon di Segmen LMPV

Wuling Confero meluncurkan harga LMPV-nya, pemain lama didiskon besar-besaran. Bagaimana dengan small MPV Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta Wuling Motors menciptakan kejutan di dunia otomotif dengan meluncurkan harga resmi dari low multi purpose vehicle (LMPV) terbarunya, yaitu Wuling Confero. Harga Wuling Confero dibanderol mulai dari Rp 128,8 juta hingga Rp 162,9 juta on the road Jakarta.

Harga yang bisa ditekan tersebut berasal dari berbagai faktor. Wuling mengakui penghematan biaya terbesar dari penggunaan desain Confero yang sama dengan yang di Tiongkok, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuat cetakan maupun mengembangkan desain. Alasan lainnya, Wuling menggandeng supplier lokal, dan yang terakhir adalah kesamaan teknologi manufacturing Wuling di Indonesia dengan di Tiongkok.

Lalu, bagaimana dengan small MPV Mitsubishi? Small MPV rakitan lokal ini akan dibanderol mulai dari Rp 189 - 246 jutaan. Harga resminya sendiri akan diumumkan di GIIAS 2017. Harganya memang masih terpaut jauh dengan Wuling Confero.

Salah satu hal yang menyebabkan harganya lebih mahal adalah karena small MPV ini merupakan model baru sepenuhnya. Dan negara Indonesia menjadi lokasi untuk penampilan perdana di dunia. Tentu saja membuat model baru membutuhkan biaya pengembangan yang tidak sedikit, dan juga cetakannya benar-benar dibuat dari nol. Mengenai komponen lokal, Liputan6.com belum bisa membahas lebih mendalam. Pasalnya, pihak Mitsubishi belum memberikan informasi resmi jumlah komponen lokal yang digunakan.

Menariknya, harga resmi Wuling Confero lebih murah dari bocoran sebelumnya yang berada di kisaran Rp 130 - 160 jutaan. Selain itu, Toyota Avanza memiliki diskon yang cukup menggiurkan, berdasarkan informasi yang kami dapat dari salah satu dealer di Jakarta, diskonnya mencapai Rp 23 juta. Ini artinya Avanza yang memiliki kisaran harga Rp 189,7-220,1 juta, bisa menjadi Rp 166,7-197,1 juta (on the road Jakarta).

Sedangkan Honda Mobilio didiskon Rp 28 juta untuk transmisi manual (Mobilio S MT menjadi Rp 161,5 juta on the road Jakarta), dan 25 juta untuk transmisi CVT (Mobilio E CVT menjadi 196 juta on the road Jakarta). Suzuki Ertiga tidak ingin ketinggalan, karena Ertiga GA mendapatkan diskon 8 juta (Rp 186 juta menjadi Rp 178 juta on the road Jakarta), untuk tipe GL AT maupun MT didiskon hingga 28 juta ( menjadi Rp 174,5 juta untuk manual, Rp 187 juta untuk otomatis, harga on the road Jakarta). Informasi keduanya didapatkan dari dealer masing-masing di kawasan Jakarta.

Berdasarkan harga terendah, Wuling Confero menjadi LMPV termurah dengan banderol Rp 128,8 juta, lalu Mobilio S MT setelah didiskon senilai Rp 161,5 juta, setelah itu Toyota Avanza E MT setelah didiskon menjadi Rp 166,7 juta, Suzuki Ertiga GL MT yang didiskon menjadi Rp 174,5 juta, dan yang terakhir varian terendah small MPV Mitsubishi dengan harga Rp 189 juta (harga belum resmi).

Mungkinkah Mitsubishi akan menurunkan harga dari small MPV-nya? GIIAS akan menjadi jawaban Mitsubishi menanggapi ajang perang harga di segmen LMPV.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.