Sukses

Nyalakan AC Mobil Saat Kabin Panas Bisa Picu Kanker, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda pengendara mobil ada baiknya tidak menyalakan air conditioner (AC) saat hendak pertama kali masuk ke dalam mobil. Terlebih, jika sebelumnya mobil dijemur di tengah terik matahari, sehingga bagian kabin terasa seperti berada di dalam oven.

Berdasarkan keterangan tertulis di situs Daihatsu, alasan AC mobil tidak boleh dinyalakan langsung karena udara pengap di dalam mobil dapat menjadi berbahaya. Salah satunya, udara pengap itu dapat menyebabkan kanker jika dihirup.

Selain itu, alasan tidak boleh menyalakan AC saat kabin panas, karena menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dan bahan lain di kabin, jika bercampur udara panas dapat menghasilkan berbagai zat baru.

Salah satu zat tersebut adanya kandungan senyawa kimia benzena, yang tak lain merupakan racun penyebab kanker (karsinogen).

Benzena berbahaya

Selain kanker, efek benzena dapat meracuni tulang-tulang tubuh, sehingga menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih.

Jika sering menghirup senyawa kimia ini, dalam jangka waktu lama tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan leukemia dan menambah risiko penyebab kanker.

Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil. Tingkat benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah 50 mg/ft2.

Benzena adalah racun yang bisa mempengaruhi ginjal dan hati, dan sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut.

Sementara jika sebuah mobil terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena.

Namun jika diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat benzena bisa naik hingga mencapai 2.000-4.000 mg, 40 kali tingkat benzena yang bisa ditoleransi.

Jika terbiasa langsung naik mobil menyalakan AC tanpa membuka jendela, secara tidak sadar Anda menghirup banyak racun yang sangat cepat masuk ke dalam tubuh.

Karena itu, tak sedikit pengemudi dan penumpang mengeluh mengantuk, pusing, atau lemas setelah langsung menghidupkan AC. Padahal, hal-hal inilah yang bisa jadi penyebab kecelakaan di jalanan.

 

1 dari 2 halaman

Next

Cara Tepat Menyalakan AC Mobil

Sebelum menyalakan AC mobil, ada baiknya terlebih dahulu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun di dalam mobil terbuang keluar kira-kira lima menit.

Jika hal itu merasa repot, Anda bisa membuka kaca mobilmu sedikit saat parkir, atau carilah tempat parkir di tempat yang teduh dan tak terkena paparan sinar matahari langsung. *

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Agar Tak Seperti Justin Bieber, Ini Cara Hindari Testis Bengkak
Artikel Selanjutnya
Mungkinkah Mobil Terbakar Terpicu karena Masalah Aki?