Sukses

Copot Filter Udara, Perbesar Juga Asupan Bensinnya

Liputan6.com, Jakarta - Sudah umum diketahui bahwa ada beberapa efek tertentu yang muncul ketika filter udara pada sepeda motor dicopot, atau istilah bengkelnya, "di-open". Dari mulai akselerasi lebih baik, hingga dampak negatif seperti karburator yang cepat kotor.

Namun, yang kurang diperhatikan adalah hal tersebut tidak serta merta bisa dilakukan tanpa perubahan sama sekali di komponen lain. Ketika filter dibuka, harus juga ada penyesuaian terhadap asupan bahan bakar yang dialirkan oleh pilot jet.

Kimin, mekanik Motoraya, bengkel yang ada di kawasan Mampang, Jakarta, mengatakan bahwa membuka filter tanpa mengotak-atik aliran bahan bakar bisa membuat pembakaran tidak sempurna. Sebab pembakaran yang baik adalah ketika udara, bensin, dan api tercampur dengan komposisi yang sesuai.

"Ada karakter mesin yang kalau filter udaranya dicopot enggak sesuai. Kalau dipaksa tanpa 'mainkan' pilot jet, yang ada saat tuas gas di-bejek, kayak mundur sendiri gasnya," ujar Kimin, kepada Liputan6.com, Senin (7/8/2017).

Kimin mengatakan bahwa umumnya mesin yang tidak cocok filternya dibuka adalah motor-motor 'laki'.

Untuk mengatasi hal ini, yang perlu dilakukan adalah mengganti pilot jet dengan yang lebih besar. Misalnya kalau pilot jet-nya berukuran 39, maka gunakan yang 40.

Dengan melakukan ini, asupan udara yang lebih banyak karena filter dicopot diimbangi dengan bahan bakar yang lebih banyak. Gejala "gas mundur" juga bisa hilang.

Namun tentu, trik ini membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Kimin mengatakan kalau sebaiknya ini tidak dilakukan untuk motor yang dipakai harian, karena memang tidak begitu signifikan peningkatannya. "Apalagi kalau dipakai di Jakarta yang udaranya kotor. Kasihan karbu-nya," tutup Kimin.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Waspadai Bahaya yang Tersembunyi di Sebuah Dispenser...
Artikel Selanjutnya
Cara Makan dan Minum agar Tak Dehidrasi