Sukses

Bulan Ini, Pertamina Jual BBM Standar Euro 4

PT Pertamina (Persero) akan mulai menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan standar Euro 4 bulan ini.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - PT Pertamina (Persero) akan mulai menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan standar Euro 4 bulan ini. BBM ini sukses diproduksi dari fasilitas pengelolaan minyak (kilang) di Balongan, Indramayu, Jawa Barat dan Dumai, Riau.

"Pertamina di Agustus ini akan segera meluncurkan Pertamax Turbo dengan low sulfur yang kompatibel dengan standar Euro 4," terang Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Gigih Wahyu Hari Irianto, di GIIAS 2017, Kamis (10/8/2017).

Gigih mengatakan bahwa produk ini diproduksi untuk menjawab tantangan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Selain Pertamax Turbo, BBM yang kompatibel dengan Euro 4, juga Pertamina Dex. Namun ia tidak menyebut kalau Pertamina Dex juga akan mulai diperkenalkan bulan ini.

Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/2017 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan yang diteken 10 Maret lalu, ditetapkan bahwa standar Euro 4 akan mulai diberlakukan pada 2018 nanti secara bertahap.

Untuk kendaraan bermotor berbahan bakar bensin tipe baru dan yang sedang diproduksi, pemberlakuan Euro 4 berlaku mulai 10 Oktober 2018. Sedangkan untuk kendaraan bermotor berbahan bakar Diesel tipe baru dan yang sedang diproduksi mulai pakai standar baru pada 10 Maret 2021.

Nantinya ketika kebijakan ini sudah berlaku penuh, maka jenis bahan bakar tertentu dengan kualitas rendah seperti Premium akan dihapus sepenuhnya dari peredaran.

Kedua jenis BBM tersebut tidak akan dijual merata, melainkan akan dipasarkan ke seluruh wilayah yang terdapat Terminal BBM dan Stasiun‎ Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang sudah melayani penjualan Pertamax Turbo dan Pertamina Dex terlebih dulu.

Pada BBM yang dibuat di kilang Balongan akan melayani wilayah Jawa, Bali dan Kalimantan. Sementara Kilang Dumai akan melayani wilayah pemasaran di Sumatera. *

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).
    Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).

    Bensin

  • Euro 4