Sukses

Toyota Greco Tak Bisa Langsam, Apa Sebabnya?

Mobil saya Great Corolla th 93 klu posisi dingin saat sudah jalan sering mati sendiri baik pagi hari maupun siang hari tapi klu sudah panas ga ada masalah  
biasanya klu dihidupkan langsung dijalankan tanpa dipanasin dulu mau belok atau putar arah sering mati sendiri distater hidup tp klu lepas gas langsung mati begitu terus pak setiap mesin dingin dan mau dijalankan jadi saya gas terus supaya tidak mati
 jd biasanya sebelum saya jalankan saya panasin dulu minimal 10 menit baru normal
Saya sdh cek busi nya masih bagus semua. --Purniawan--Jambi

Liputan6.com, Jakarta
Apa kabar Pak Purniawan,

Mengenai Toyota Great Corolla tahun 93, yang saat mesin masih dingin (pagi) tidak bisa langsam atau mau mati musti diinjak pedal gas baru bisa langsam putaran mesinnya, begini penjelasannya.

Greco 93 sudah menggunakan sistem EFI (Elektronik Fuel Injektion). Seharusnya mobil yang sudah menggunakan sistem EFI hidup saat paginya lebih mudah dan stabil langsamnya.

Nah bila terjadi keluhan langsamnya mau mati mesinnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Pada mesin Greco menggunakan ISC (Idle Speed Control) sistem ini yang bertugas menjaga putaran mesin (langsam) dipertahankan dalam kondisi stabil yaitu saat masih dingin tanpa AC (1.100 rpm) Fast Idle sampai suhu kerja mesin tercapai kemudian sistem ISC akan merubah ke posisi idle (700 rpm) yang diatur oleh ECU Mesin. Bisa juga setelah rpm idle-nya terlalu rendah harus disetel ulang (lokasinya di atas throtle ada baut yang bisa disetel)
Tips: Lokasi ISC ini ada di bawah throtle gas di intake saluran udara, nah bisa dicoba melepas soket kabel ISC-nya. Apabila dilepas soket kabelnya mesin masih mati mati, langsamnya masih kurang bagus menunjukkan posisi ISC-nya dalam kondisi macet, posisi tertutup. Bila kejadiannya seperti keterangan di atas maka Greco segera dibawa ke bengkel terdekat untuk dibersihkan ISC-nya.
2. Coba diperiksa saluran udaranya, apakah ada selang yang bocor, hal ini juga dapat menyebabkan mesin mati.

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak Purniawan memeriksa GRECO tahun 93-nya menjadi lebih baik dan nyaman digunakan aktivitas sehari hari .

H Agus Mustafa

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

Artikel Selanjutnya
Tanya Dokter: Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?
Artikel Selanjutnya
4 Perubahan Kecil Ini Dijamin Bikin Pede dan Enteng Jodoh