Sukses

3 Mobil Terlaris di Tiongkok, Wuling Masuk

Liputan6.com, Beijing - Tiongkok adalah pasar otomotif paling besar di dunia. Di negara dengan populasi sebanyak 1,379 miliar itu, penjualan dan produksi mobil terbanyak di dunia terjadi.

Laman China Daily, dikutip Sabtu (12/8/2017), mengatakan bahwa berdasarkan data dari Cina Passenger Car Association (CPCA), tahun lalu ada 24,4 juta mobil penumpang terjual. Angka ini naik 14,9 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebagai pembanding saja, di Indonesia angka penjualan mobil tahunan rata-rata hanya berkisar di antara 1 juta unit saja. Itu diprediksi akan tetap berlanjut setidaknya sampai tahun ini.

Angka penjualan mobil di Tiongkok diprediksi akan naik lagi tahun ini. Sampai dengan tujuh bulan pertama 2017 saja, angka penjualannya lebih banyak 2 persen dibanding tujuh bulan pertama 2016.

Hal ini disebabkan karena banyak faktor. Tapi dari sisi penawaran, memang mobil yang dijual semakin variatif. Sejak awal tahun lalu, sudah ada 29 mobil baru meluncur, di mana sebagian besarnya SUV, segmen yang memang sedang berkembang.

Lantas dari sekian banyak mobil yang dijual di Tiongkok, mana yang paling laris? Kalau dilihat secara merek, bisa dibilang industri otomotif Tiongkok memang "tuan rumah di negaranya sendiri". Hal ini terbukti dengan banyaknya merek lokal yang mampu bersaing dengan pabrikan luar.

Dikutip dari laman Focus2move, berikut 3 mobil terlaris sepanjang semester pertama 2017:

Haval H6

Haval H6 berada di posisi ketiga mobil terlaris di Tiongkok sepanjang semester pertama 2017. Mobil ini terjual sebanyak 226.567 unit, atau turun 5,7 persen dibanding periode pertama 2016.

Mobil yang punya nama lengkap Great Wall Haval H6 ini cukup spesial ketimbang mobil-mobil Tiongkok lain. Pasalnya, ia benar-benar mobil Tiongkok, tidak dibantu atau dikembangkan bersama pabrikan lain.

Volkswagen Lavida

Volkswagen Lavida berada di posisi kedua mobil terlaris di Tiongkok dengan total penjualan sebanyak 255.786 unit. Penjualannya turun sampai 11 persen dibanding pada 2016. Namun begitu tetap saja mobil ini adalah sedan terlaris di Tiongkok.

VW Lavida sebetulnya dibangun dengan basis model VW lain yang lebih terkenal, Jetta.

Wuling Hongguang

Sampai sudah di posisi pertama. Mobil terlaris di Tiongkok adalah Wuling Hongguang. MPV ini sepanjang Januari sampai Jni lalu terjual sebanyak 260.992 unit. Sama seperti VW Lavida, angka penjualannya mengalami penurunan cukup signifikan, 11,3 persen.

Familiar dengan bentuknya? Pernah lihat di suatu tempat? Ya, Wuling Hongguang tidak lain adalah versi asli dari Confero, Low MPV yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pencapaian Suzuki Sejak Dilahirkan
Artikel Selanjutnya
Dijegal Honda, Ada Apa dengan Toyota?