Sukses

Panjang Umur Honda Beat Versi Roda Empat

Liputan6.com, Tokyo - Di Indonesia, kita sangat familiar dengan produk bernama Honda Beat. Maklum, motor matik yang pertama kali diluncurkan pada 2008 ini adalah sepeda motor terlaris dalam beberapa tahun terakhir dengan pangsa pasar yang begitu dominan.

Tapi tahukah Anda bahwa Honda Beat tak hanya berbentuk motor? Ya, pada 1991 lalu, pernah ada mobil bernama Honda Beat.

Menurut laman autozine.org, Beat adalah roadster 660 cc bermesin tengah (mid-engine) dengan dimensi terkecil dalam kategori kei car. Mobil ini bahkan mengalahkan mungilnya Fiat X1/9 dan Toyota MR2. Orang-orang menjulukinya sebagai Mini-NSX atau S800 modern.

Mesin naturally aspirated ini mampu hasilkan tenaga hingga 64 Tk pada 8.100 rpm. Kecepatan maksimalnya telah dibatasi secara elektronik, sehingga hanya mampu berlari hingga 135 km/jam.

Sayang, meski menggebrak pasar di awal peluncuran, mobil yang hanya dijual untuk pasar Jepang ini tidak mampu mempertahankan ritme tersebut. Pasar ternyata tak cukup mampu menyerap kei car roadster. Honda Beat pun tutup usia pada 1996, dengan total produksi mencapai angka 38 ribuan unit.

Tentu di antara puluhan ribu mobil yang sempat terjual itu, masih ada yang digunakan. Diperkirakan saat ini masih ada 20 ribu unit Beat yang masih beroperasi.

Menyadari itu, Honda Jepang baru-baru ini menggelar program untuk memproduksi kembali beberapa suku cadangnya. Tentu ini kabar bagi bagi penggila Beat.

Melansir laman Japanese Nostalgic Car, suku cadang yang akan diproduksi itu di antaranya adalah lampu belakang, lampu pelat, pemanas, sabuk keselamatan serta pelek dan bannya. Ke depan, selain yang telah disebutkan, Honda bakal mereproduksi suku cadang lain.

Honda Beat sendiri dibuat oleh sekira 1.600 part terpisah, di mana saat ini, 70 persennya sudah tidak lagi diproduksi. Dengan program ini, diharapkan Beat akan tetap ada di jalanan atau di pameran mobil-mobil klasik dalam beberapa tahun ke depan.

Ini adalah kali kedua pabrikan Jepang menggelar program yang berkaitan dengan restorasi mobil klasik. Minggu lalu, Mazda mengumumkan akan merestorasi Mazda MX-5 Miata generasi pertama.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?