Sukses

Bukan Cuma Motor, Penjualan Yamaha Meningkat di Power Product

Sepeda motor masih menjadi sektor yang berkontribusi paling banyak bagi Yamaha.

Liputan6.com, Iwata - Yamaha adalah salah satu perusahaan yang paling terdiversifikasi di Jepang. Mereka merupakan produsen beragam komoditas, dari mulai alat musik hingga sepeda motor.

Yang disebutkan terakhir masih menjadi sektor yang berkontribusi paling banyak. Data terakhir menyebut kalau sektor otomotif menyumbang lebih dari setengah total penjualan bersih.

Melansir laman global.yamaha-motor.com, Selasa (14/8/2017), penjualan bersih produk sepeda motor dalam semester satu 2017 mencapai 509,2 miliar yen, atau meningkat 31,7 miliar, setara dengan 6,6 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sementara penjualan bersih perusahaan secara keseluruhan mencapai 828,1 miliar yen, atau naik 6,4 persen dibanding periode yang sama tahun 2016.

Peningkatan di sektor otomotif disebabkan karena meningkatnya penjualan di pasar negara berkembang seperti Vietnam, Filipina, Thailand, dan Taiwan. "Dan meski terjadi penurunan di Indonesia karena kemerosotan pasar di sana, angka penjualan unit meningkat secara keseluruhan," tulis Yamaha.

Sementara di negara maju, penjualannya berada di tingkat yang sama, atau dengan kata lain stagnan. Nampaknya produk baru seperti seri MAX belum berdampak banyak pada penjualan. Bahkan di Amerika Utara sana penjualan mereka turun karena permintaan yang memang melemah.

Selain sepeda motor, beberapa segmen yang cukup punya kontribusi adalah sektor kelautan dan power product. Sektor kelautan, termasuk mesin-mesin untuk kapal, mencatatkan penjualan bersih sebesar 179,7 miliar yen. Sementara sektor power products mencapai 67 miliar yen.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.