Sukses

Pernah Gagal di Jepang, Honda Civic Mencoba Bangkit Kembali

Liputan6.com, Tokyo - Civic, dengan segala model turunannya seperti Type R, hatchback, dan lain-lain, adalah produk global Honda yang cukup diandalkan. Tapi menariknya model ini tidak pernah jadi tuan rumah di negerinya sendiri. Jangankan begitu, dijualpun tidak.

Pada 2011 lalu, Honda memutuskan untuk menghapus Civic dari jajaran mobil yang dijual di Jepang. Ketika itu satu alasannya adalah penjualannya yang tidak maksimal. Setelah itu mereka fokus mengembangkan kendaraan yang benar-benar diperuntukkan bagi kebutuhan lokal.

Sementara sejak 2010, dalam mengembangkan model globalnya Honda menggunakan mesin dan sasis umum. Menurut salah satu eksekutif, ada kelemahan besar pada sistem ini, yaitu kendaraan yang dibuat tidak selalu sesuai dengan kebutuhan lokal.

Tapi cerita lama ini akan berakhir. September nanti, Civic sedan, Civic hatchback, dan Civic Type R akan mulai dijual di Jepang. Demikian seperti yang dilaporkan Asia Nikkei.

Diharapkan, dengan pengenalan kembali Civic ini, Honda akan memperkuat citra merek mereka sebagai pembuat mobil dengan karakter yang khas. Hideki Matsomoto, Chief Engineer di Honda R&D, sekaligus yang memimpin pengembangan Civic ini, mengatakan bahwa Civic dikembangkan dengan maksimal.

Dengan strategi ini, mereka menilai "kegagalan" yang sempat dialami tidak akan terulang. Sebaliknya, performanya akan meningkat.

Untuk diketahui, Civic dijual di enam region sekaligus. Mereka menguasai 70 persen penjualan global perusahaan yang mencapai 5 juta unit kendaraan.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Marquez Tak Berani Pasang Target Juara MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Mesin Jebol, Motor Marquez Dianalisis di Jepang