Sukses

Tol Khusus Mobil Listrik, Proyek Ambisius Australia

Australia telah berkomitmen untuk membangun jalan tol atau superhighway khusus kendaraan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan mobil listrik sudah tidak bisa dihindarkan lagi, begitu juga di Australia. Bahkan, Negeri Kangguru ini telah berkomitmen untuk membangun jalan tol atau superhighway khusus kendaraan listrik.

Jalan ini akan dibangun di sepanjang pantai Queensland sepanjang 1.800 km, mulai dari Coolangatta di daerah Selatan hingga Cairns di ujung Utara. Selain itu, jalan ini juga akan dilengkapi dengan stasiun pengisian di sepanjang jalan. Demikian dikutip Carscoop, Selasa (22/8/2017).

"Proyek ini ambisius, tapi kami menginginkan sebanyak mungkin orang yang mendukung kendaraan listrik, sebagai bagian dari transisi menuju masa depan dengan emisi rendah," ujar Steven Miles, Menteri Negara Australia, disitat Reuters.

Nantinya, infrastruktur pengisian baterai ini akan disiapkan oleh manufaktur Australia, Tritium dan Schneider Electric. Bagi pemilik mobil listrik yang melewati jalan ini, tidak akan dikenakan biaya alias gratis saat melakukan isi ulang baterai.

Untuk diketahui, penjualan mobil listrik di Australia memang masih tertinggal jauh, dibanding di Eropa, Amerika Serikat, atau negara barat lain.

Dibandingkan dengan banyak negara barat, penjualan mobil listrik di Australia memang tertinggal jauh. Sebenarnya, jika tanpa penjualan Tesla yang dijual secara lokal, hanya 138 kendaraan listrik yang terjual di negara tersebut di tahun lalu.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.