Sukses

Xpander Naik Daun, Avanza Siapkan Model Baru?

Kehadiran Daihatsu DN Multisix digadang-gadang menjadi wujud dari Avanza-Xenia yang akan datang.

Liputan6.com, Jakarta - Pamor Mitsubishi Xpander melejit di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Selama 10 hari, total konsumen yang melakukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Xpander mencapai 5.281 unit. Angka tersebut cukup fantastis untuk sebuah produk baru.

Kendati begitu, bagi Toyota yang masih menjadi market leader di sektor otomotif nasional, rupanya tak mau ambil pusing. Bahkan, Executive General Manager PT Toyota Asta Motor (TAM) Fransiscus Seorjopranoto menyambut baik adanya model baru dari merek lain.

Kata Soerjo, keberadaan Xpander menjadi tambahan pilihan yang lebih variatif bagi konsumen di Tanah Air.

“Xpander bagus, stylish hampir sama kaya Mobilio, pertama kali keluar itu bagus jadi customer ada pilihan baru di kelas MPV kan,” ungkap Soerjo saat ditemui di ICE, BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Toyota yang berkolaborasi dengan Daihatsu untuk Avanza-Xenia, pada dasarnya tak tinggal diam, mereka punya rencana besar.

Hal ini juga terlihat dengan keberadaan mobil konsep Daihatsu DN Multisix yang digadang-gadang menjadi wujud dari Avanza-Xenia yang akan datang.

Adapun Seorjo sendiri mengaku, saat ini Toyota sedang memikirkan next Avanza, melalui kerja sama dengan Daihatsu.

“Kalau lagi join development, Toyota sama Daihatsu harus kolaborasi. Kesulitan Toyota, Toyota enggak bisa lepasin dari fungsi MPV-nya,” jelasnya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Penerus Daihatsu Xenia Jadi Sorotan di Tokyo Motor Show

Mobil purwarupa Daihatsu DN Multisix hadir di acara Tokyo Motor Show (TMS) yang digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, 25 Oktober-5 November 2017.

Sebelumnya, mobil yang digadang-gadang sebagai pengganti Daihatsu Xenia ini hadir pertama kali di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu.

Kini, DN Multisix kembali ditampilkan untuk pertama kalinya di Negeri Matahari Terbit dan langsung mendapatkan perhatian baik dari pewarta lokal, Jepang, maupun internasional.

Lantas pertanyaan mencuat, kapan Daihatsu DN Multisix akan diproduksi?

Menanggapi hal itu, Presiden Director Daihatsu Motor Company, Ltd Koichiro Okudaira mengatakan, hingga saat ini Daihatsu masih melakukan survei.

“Pada dasarnya ketika membuat mobil, Daihatsu selalu ingin sesuai dengan selera pasar, dan saat ini masih di survei,” ungkap Koichiru saat ditemui awak media dari Indonesia di ajang TMS ke-45 di booth Daihatsu di ajang TMS 2017, Tokyo, Jepang, Rabu (24/10).

Kata Koichiro, untuk membuat mobil perlu dilakukan beberapa tahap, sedangkan saat ini, pada DN Multisix masih harus dilakukan berbagai revisi sebelum diproduksi.

“Kalau memang sudah cocok kami akan jadikan itu sebagai mass production, dan sampai saat ini masih survei,” terangnya.

Saat ditanya berapa lama survei dilakukan, Koichiru menjawab, hingga saat ini masih terus dilakukan. Dengan status konsep, lanjut dia, maka mobil tersebut belum akan langsung masuk pasar.

Disebutkan bahwa Daihatsu DN Multisix ini merupakan mobil yang mampu menampung hingga enam orang penumpang dan memiliki fasilitas mirip sebuah MPV premium kompak tiga baris.

Tampilan Daihatsu DN Multisix konsep ini sangat modern, seperti desain jok yang ramping dengan balutan kulit warna putih, ditambah bagian dasbor menggunakan LED layar sentuh.

Jika benar mobil ini dibuat dan dipasarkan untuk kawasan Jepang, maka jantung pacu yang akan dibenamkan berupa mesin 1.200 cc hybrid dan 1.000 cc turbo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.