Sukses

Toyota Patenkan Pilar A Transparan, Seperti Apa?

Liputan6.com, California - Visibilitas adalah hal mutlak yang harus terpenuhi ketika sedang berada di balik kemudi sebuah mobil. Visibilitas yang baik dapat mencegah kecelakaan dan hal lain yang tidak diinginkan. Tapi masalahnya itu tidak selalu didapat.

Salah satu halangan dari visibilitas pengendara adalah pilar A. Pilar A yang terlalu besar kadang membuat pengendara kurang bisa mengamati apa saja yang ada di sampingnya.

Pilar A sendiri adalah pilar (tiang) mobil yang berada paling depan, mengapit dashboard, berfungsi untuk menyangga atap mobil, kaca depan, dan tempat untuk menaruh spion. Dalam struktur yang lebih canggih, pilar A juga berfungsi meredam benturan.

Untuk mengantisipasi masalah visibilitas yang terhalang pilar A itu, sejumlah inovasi dilakukan. Jaguar Land Rover (JLR), misalnya, memanfaatkan kamera eksternal yang disebut "360 Virtual Urban Windscreen". Ini pada dasarnya mirip seperti kamera parkir.

Baru-baru ini, Toyota juga berinovasi di sektor yang sama. Tapi alih-alih menggunakan perangkat tambahan, mereka memodifikasi pilarnya itu sendiri.

Laman CNET melaporkan, desain paten yang didaftarkan ke United States Patent and Trademark Office ini pada dasarnya adalah pilar transparan, seperti kaca. Tapi bukan artinya pilar tersebut terbuat dari kaca. Sebab kalau seperti itu tentu pilarnya sangat rapuh.

Dijelaskan bahwa Toyota memanfaatkan beberapa cermin yang diletakkan dengan hati-hati di sekitar pilar. Cermin itu kemudian memantulkan objek sedemikian rupa sehingga bisa terlihat pengendara dari dalam kendaraan. Mekanisme ini memang seakan-akan membuat pilar transparan.

Sebagaimana dokumen paten lain, tidak tertera kapan persisnya teknologi ini digunakan pada kendaraan yang diproduksi massal.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Apakah Toyota Anda Kena Recall? Begini Cara Mengetahuinya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Toyota C-HR Hy-power Concept, Semakin Emosional