Sukses

Lima Mobil Terkuat Sejagat, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Enzo Ferrari pernah mengucapkan "horsepower sells cars, torque wins races", yang bisa diartikan tingginya horse power (tenaga kuda) menjadi daya jual sebuah mobil. Namun torsi memegang peranan penting untuk performa di jalanan. Maka tidak heran jika banyak mobil kencang memiliki torsi yang melimpah, bahkan bisa mengalahkan truk berukuran besar.

Mengutip autoevolution, inilah lima mobil bertorsi monster di tahun 2017:

5. Dodge Challenger SRT Demon
Muscle car terkuat yang pernah diproduksi tentu sudah layak untuk masuk ke dalam deretan ini. Dodge Challenger SRT Demon dilengkapi mesin 6,2 liter V8 yang menghasilkan tenaga 840 Tk dengan torsi puncak 1.044 Nm. Hebatnya, dengan menggunakan ban khusus drag, mobil ini dapat melakukan aksi wheelie.

4. Bentley Mulsanne Speed
Tahun lalu, Bentley Mulsanne Speed menduduki posisi kedua untuk kategori torsi terbesar. Semenjak kehadiran Chiron dan Huayra BC, maka Mulsanne Speed harus puas di posisi keempat. Mobil ini mengadopsi mesin Bentley L Series V8 yang menghasilkan tenaga 530 Tk dengan torsi puncak 1.100 Nm.

3. Pagani Huayra
Huayra BC merupakan mobil Italia terkuat kedua setelah Ferrari LaFerrari. Dengan mengadopsi mesin 6,0 liter V12 dengan sentuhan Mercedes-AMG, Huayra dapat memuntahkan tenaga ke roda belakang sebesar 800 Tk dengan torsi puncak 1.200 Nm.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

 

 

1 dari 2 halaman

Mobil Terkuat di Dunia

2. Bugatti Chiron

Chiron merupakan penerus dari Veyron dengan level yang berbeda, meskipun menggunakan mesin, transmisi, dan beberapa bagian sasis pendahulunya. Mesin 8,0 liter W16 dengan twin scroll turbocharger menghasilkan tenaga 1.500 Tk dengan torsi 1.600 Nm.
Mesin ini merupakan salah satu mesin terkuat yang tidak menggunakan sistem hybrid. Hanya saja, meskipun sudah mencapai potensi tertinggi, masih belum cukup untuk menempati posisi pertama.

1. Koenigsegg Regera
Koenigsegg Regera memiliki torsi yang sangat melimpah, bahkan mengalahkan Bugatti Chiron. Uniknya, ini bukanlah sebuah supercar atau hypercar. Koenigsegg Regera adalah sebuah plug-in hybrid megacar yang mengadopsi mesin 5,0 liter V8 twin-turbocharger dengan tenaga 1.100 Tk dan torsi puncak 1.280 Nm.

Cukupkah? Ternyata setiap roda belakang Regera dilengkapi satu motor elektrik yang menghantarkan tenaga 245 Tk dan torsi 260 Nm. Masih merasa kurang? Satu motor elektrik disematkan pada crankshaft yang menghantarkan tenaga 218 Tk dengan torsi puncak 300 Nm. Ini artinya Regera dilengkapi tiga motor elektrik.

Total tenaga yang dihasilkan 1.500 Tk dengan torsi 2.000 Nm.

 

Artikel Selanjutnya
Ketimbang Ferrari, Mantan Model Majalah Dewasa Ini Pilih Bajaj
Artikel Selanjutnya
Top3: Mitsubishi Xpander Kalahkan Toyota Avanza dan Pelat Cantik