Sukses

Federal Oil Punya Trik Antisipasi Pemalsuan Pelumasnya

Liputan6.com, Cilegon - PT Federal Karyatama selaku agen pemegang mereka Federal Oil dan juga anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mulya Tbk secara resmi menghuni pabrik baru yang berkapasitas produksi 100 juta liter per tahun di kawasan Industrial Estate Cilegon, Banten.

Hadirnya pabrik baru ini membuat Federal Oil berjanji secara maksimal dapat memenuhi kebutuhan pelumas di Tanah Air baik untuk sepeda motor, mobil, maupaun industri.

Kendati begitu, Ari Sutanto Plant Director PT Federal Karyatama mengaku bahwa produknya tak lepas dari adanya pihak tak bertanggung jawab yang mencoba memalsukan Federal Oil di pasaran.

“Karena produk palsu itu makin lama makin mendekati kepada keserupaan. Dan kami selalu mensurvei pasar, kalau memang terjadi seperti itu,” ungkap Ari saat ditemui wartawan di lokasi pabrik, Rabu (23/8/2017).

Ia juga mencontohkan, jika Federal Oil telah ditemukan varian palsu, maka untuk menyiasatinya dengan cara perusahaan bergerak cepat melakukan inovasi pada bentuk kemasan dan lebel.

“Seperti tahun lalu, kami langsung ganti botol, ganti tutup, sehingga mengurangi terjadinya proses pemalsuan. itu antisipasinya,” jelasnya.

Ari menerangkan, perusahaan mampu menentukan apakah produk Federal Oil yang dijual di pasar asli atau palsu, yaitu dengan cara pengujian menggunakan alat khusus di laboratorium.

“Seolah-olah seperti finger print, jadi kalau produk bapak kasih ke saya (oli palsu atau asli), kami cek di lab itu bisa tahu betul produk Federal atau enggak,” ujarnya.

Meski begitu, Ari menyarankan kepada konsumen agar tidak mudah tertipu ada baiknya membeli produk di toko atau distributor resmi Federal Oil yang kini sudah tersebar di sejumlah wailayah.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Pabrik Baru

Federal Oil memang pindah ke pabrik terbaru ini dibangun dan didesain tanpa adanya campur tangan konsultan asing alias hasil anak bangsa, termasuk dalam proses blending.

Pabrik dengan konsep modern dan ramah lingkungan ini telah didukung sistem manajemen produksi ISO 9001, mulai dari sistem penerimaan material, penyimpanan, proses blending, filling bottling, dan packing machine yang terintegrasi.

"Kami berusaha secara maksimal memenuhi kebutuhan pelumas Tanah Air melalui pembangunan pabrik dengan kapasitas dan fasilitas yang jauh lebih memadai dari yang ada sebelumnya," ungkapnya.

Federal Oil ini diketahui menjual berbagai pelumas, baik untuk sepeda motor, mobil maupun industri. Tak hanya untuk pasar nasional, Federal Oil ke depannya akan membentangkan sayap dengan melakukan ekspor ke sejumlah negara. Sejumlah robot membantu proses produksi.

Kata Patrick, penggunaan robot sengaja dilakukan untuk mengurangi terjadinya kesalahan akibat human error.

"Federal oil adalah pabrik nasional yang sudah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Pihak dari lembaga SNI sendiri telah melihat langsung proses produksinya," tutup Patrick.

Artikel Selanjutnya
Aksi Pencucian Uang Sulit Terjadi di 7 Negara Ini
Artikel Selanjutnya
Mohon Perhatian, Oli Mobil dan Motor Juga Bisa Terbakar