Sukses

Cara Hilangkan Noda Oli pada Pakaian

Liputan6.com, Cilegon - Terkena noda oli kerap menjadi momok yang menakutkan, khususnya pada pakaian kesayangan. Pasalnya, baju atau celana yang terkena oli sepeda motor maupun mobil jadi tak sedap dipandang.

Namun bagi Anda yang baru saja ngoprek mesin sepeda motor dan mobil tak perlu khawatir, karena noda oli yang terkena pakaian sebenarnya bisa dihilangkan.

Menurut Plant Director PT Federal Karyatama (Federal Oil), Ari Sutanto, noda oli bisa dibersihkan dengan detergen.

“Karena detergen sekarang juga sudah cukup ampuh. Enggak sulit,” ucap Ali saat ditemui di pabrik Federal Oil di kawasan Industrial Estate Cilegon, Banten, Rabu (23/8/2017).

Jika merujuk sejumlah sumber, penggunaan detergen memang sangat menentukan menghilangkan noda oli. Namun cara membersihkannya perlu trik khusus.

Pertama, serap noda oli menggunakan lap atau tisu kasar penyerap minyak. Ini dilakukan agar kelebihan oli bisa ikut terangkat. Perlu diingat, jangan langsung menggosok noda, karena itu bisa memperluas noda oli.

Kedua, bahan tambahan yang dapat mengangkat noda oli pada pakaian, yaitu menggunakan bedak bayi atau bubuk soda kue.

Caranya hanya menaburinya di atas noda oli. Kemudian diamkan beberapa menit sampai terangkat. Jika noda oli masih menempel, ulangi langkah tadi beberapa kali.

Ketiga, setelah noda oli berkurang, bubuhi pada pakaian dengan detergen. Bisa juga menggunakan sabun cuci piring. Setelah itu gosok hingga berbuih.

Keempat, rendam baju dengan air hangat yang dicampur detergen. Diamkan beberapa jam.

Namun perlu diingat, jika merendam dengan air hangat harus disesuaikan dengan aturan petunjuk pada label di balik baju.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Membersihkan Ceceran Oli di Lantai

Oli Berceceran di Lantai

Tak hanya baju, noda oli juga sering kali tercecer di lantai. Bahkan disebut tak bisa hilang jika lantai tersebut tidak menggunakan keramik.

Menurut Ari, cara ampuh yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan serbuk kayu. Cukup ditaburi area yang terkena oli dengan serbuk kayu.

Serbuk kayu dipercaya dapat menyerap oli. Setelah itu lantai tetap harus di bersihkan dengan cara di pel dengan air yang dicampur sabun atau cairan pembersih.

“Oli yang tercecer di lantai bisa berbahaya, karena lantai menjadi licin,” ucap Ari.

Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika
Artikel Selanjutnya
Alasan Anda Tidak Boleh Mengeringkan Rambut dengan Handuk Biasa