Sukses

Kasta Tertinggi Yamaha MT-09 Meluncur Tahun Depan

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha akan meluncurkan varian tertinggi dari motor telanjang mereka, MT-09. Dengan embel-embel "SP" di belakang namanya, diharapkan dapat memenuhi hasrat lebih banyak orang terhadap sepeda motor yang gagah dan mumpuni di segala lintasan.

Dilaporkan motorcycle-magazine.com, MT-09 SP memang diluncurkan untuk "melebarkan jaring" permintaan untuk motor telanjang yang lebih baik dan sporty. Yamaha melihat ada pasar di segmen itu, meski dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang varian standar.

Sumber menyebut kalau selain memenuhi kebutuhan konsumen, diluncurkannya produk baru ini juga terinspirasi dari kompetitor. Triumph melalui model Street Triple, misalnya, juga dijual dalam banyak varian, dimana baik varian termurah sampai yang termahal terjual sama kuatnya.

Ada sejumlah perubahan yang akan terjadi pada motor ini. Sumber menyebut kalau MT-09 SP menggunakan suspensi yang lebih baik milik Ohlins yang telah dilengkapi fitur semi-active.

Meski begitu, mesin yang dipakai tetap sama, yaitu tiga silinder berkubikasi 847 cc. The Nine, demikian julukan motor ini, hasilkan tenaga 116 Tk. Mesin ini dilengkapi teknologi bernama QSS, yang dapat mengkoreksi output mesin dan membantu proses up shifting lebih halus

Seiring dengan diluncurkannya produk baru ini, Yamaha juga mengatakan kalau mereka ingin meningkatkan persediaan suku cadang MT-09 secara signifikan.

Belum ada informasi soal harga. Tapi disinyalir, MT-09 SP lebih mahal 10 sampai 20 persen dari varian standar. Motornya sendiri bakal diluncurkan di EICMA, November nanti.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Next

Adapun MT-09 standar sendiri baru saja diluncurkan akhir tahun lalu, dan mulai di jual di negeri asalnya pada Februari kemarin.

Melansir responsejp.com, Rabu (25/1), di negeri asalnya itu naked bike ini dibanderol dengan harga 1.004.400 yen atau setara Rp 118 juta.

Motor baru ini hadir dengan dimensi yang lebih besar. Joknya lebih tinggi 5 mm dibanding pendahulunya, tetapi bagian belakang lebih pendek 30 mm. Motor ini kini dilengkapi dengan empat buah lampu LED sekaligus, dua untuk yang utama, dua untuk high beam.

Pabrikan asal Jepang ini juga mengklaim MT-09 baru punya suspensi depan yang mumpuni. Pada model baru ini, suspensi memiliki rebound damping yang diklaim punya daya penyesuaian lebih baik. Sementara shock belakang tidak diubah, namun beberapa aspek setting-nya diperbaiki.

Yamaha mengatakan bahwa mereka akan memproduksi MT-09 ABS sebanyak 2.000 unit dalam tahun ini. Sayangnya tidak disebutkan apakah jumlah tersebut akan untuk ekspor juga atau tidak.

Artikel Selanjutnya
Dijegal Honda, Ada Apa dengan Toyota?
Artikel Selanjutnya
Duo Pembalap MotoGP Jajal Kasta Terendah Suzuki GSX-R