Sukses

4 Komponen Utama Kendaraan Listrik, Apa Saja?

Tren mobil listrik sudah terlihat di Indonesia. Kita perlu tahu apa saja komponen utama kendaraan listrik itu?

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik digadang-gadang jadi alternatif terhadap kendaraan konvensional. Sementara kendaraan konvensional masih mengandalkan bahan bakar minyak, kendaraan listrik tidak pakai itu sama sekali.

Ketika kendaraan konvensional bekerja, maka ia akan mengeluarkan emisi dengan jumlah tertentu. Meski aturan soal ini kian ketat, tapi tetap saja ada implikasi lingkungan yang muncul. Emisi yang keluar akan membuat udara semakin kotor.

Lain halnya dengan kendaraan listrik. Mereka tidak mengenal kata emisi gas buang. Bahkan kendaraan jenis ini 'tidak' mengeluarkan suara sama sekali ketika digunakan.

Untuk mengetahui bagaimana kendaraan listrik pada umumnya bekerja, maka harus diketahui lebih dulu apa saja komponen-komponen utamanya. Diolah dari laman New Jersey Institute of Technology (NJIT), Sabtu (26/8/2017), berikut ulasannya.

Baterai

Baterai adalah sumber tenaga dari kendaraan listrik. Ia menyimpan energi untuk kemudian dialiri ke motor yang akan menggerakkan roda. Selain itu baterai ini juga dipakai untuk menghidupkan komponen elektrikal kendaraan seperti lampu dan AC.

Saat ini baterai untuk kendaraan listrik yang paling umum adalah lithium ion. Tapi ada juga teknologi lain seperti baterai solid state, aluminium ion, lithium sulfur, dan metal-water.

Motor Controler

Motor controler mengatur sepenuhnya pengoperasian kendaraan listrik dan distribusi tenaganya. Ia memonitor semua yang berkaitan dengan elektrik kendaraan. Dilengkapi dengan mikroprosesor canggih, komponen ini juga bisa membatasi atau bahkan mengalihkan arus listrik, menyesuaikan dengan gaya mengemudi pengendaranya.

Pengereman regeneratif

Pengereman regeneratif adalah solusi akan masih terbatasnya stasiun pengisian listrik. Perangkat ini sederhananya adalah komponen yang dapat mengkonversi gesekan pada saat pengereman menjadi energi listrik dan kemudian menyimpannya untuk digunakan di lain waktu.

Drive System

Fungsi dari sistem penggerak adalah untuk mentransfer energi mekanik ke roda, di mana ujung dari penggerak roda itu adalah motor. Dalam hal ini, umumnya motor tersemat pada semua roda. Pada kendaraan konvensional, energi ditransfer melalui transmisi.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Sulit Dikembangkan

Indonesia juga sedang memasuki fase transisi ke kendaraan listrik. Dari sisi pengetahuan, proyek ini digawangi oleh konsorsium yang terdiri dari lima perguruan tinggi negeri, UI, ITS, ITB, UGM, dan UNS, yang punya porsinya masing-masing.

Menariknya, konsorsium mengklaim telah mampu memproduksi hampir semua komponen kendaraan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Muhammad Nur Yuniarto dari tim mobil listrik ITS, saat jumpa pers di Kantor Kementerian Perindustrian, tahun lalu.

Ia bahkan mengklaim kesiapannya sudah 90 persen.

Satu-satunya komponen yang belum bisa dibuat sendiri adalah baterai. Di dunia, saat ini baterai yang diandalkan untuk menggerakan mobil listrik berjenis lithium-ion.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, pada Juli lalu mengatakan ingin menerapkan konsep tabung gas elpiji untuk pengisian daya mobil listrik. Maksudnya, pengisian daya tidak dengan isi ulang, tetapi dengan cara bongkar pasang baterai.

Sekilas memang masuk akal. Tapi kenyataannya tidak bisa semudah itu.

Faktanya, hampir semua pabrikan di dunia tidak ada yang menyediakan paket ganti baterai yang dapat dilakukan sendiri seperti itu. Apa yang dilakukan pabrikan semacam Tesla adalah bagaimana baterai mobil listrik bisa diisi ulang dengan durasi yang semakin cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik