Sukses

Begini Cara Komunitas Pecinta Moge Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72, tidak terkecuali pecinta motor gede (moge), Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI). Meskipun sudah lewat 17 Agustus, namun tidak ada alasan bagi komunitas pengguna motor asal Amerika Serikat ini untuk memeriahkan kemerdekaan.

Acara yang digelar, Minggu (27/8/2017) ini, lebih ke arah bakti sosial, menghormati jasa pahlawan, serta ajang silaturahmi sesama anggota HDCI, seluruh Jakarta, Tangerang, bekasi, Serang, dan Cilegon.

"Sebenarnya acara ini juga dilakukan seluruh chapter HDCI, namun dengan waktu yang berbeda-beda. Sementara untuk Pengcab Pusat, acara untuk memeriahkan hari kemerdekaan dilaksanakan hari ini," jelas Jeffry, Sekertaris Jenderal HDCI, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Wisma Aldiron, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2017).



Untuk acaranya sendiri, dimulai sejak pagi hari, dengan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, kemudian lanjut dengan konvoi menggunakan bendera menuju Senayan City, dan dilanjutkan menuju Wisma Aldiron.

Selain itu, HDCI juga memberikan santunan untuk 72 anak yatim, dan untuk 45 veteran melalui perwakilan.

"Puncak acara di sini, dengan melakukan bakti sosial dan melakukan santunan kepada yang berhak, dan acara hiburan hingga sore," tambah Jeffry.

Sementara itu, menurut Ferdo, Kepala Humas Media HDCI, untuk tahun ini konsepnya hampir sama, namun yang membedakan tahun ini, HDCI berkonsentrasi sebagai pelopor anti narkoba.

"Itu yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, kami sebagai pelopor anti narkoba dan komitmen memberantas narkoba," tegas Ferdo di tempat yang sama.

Sebagi informasi, HDCI sendiri berdiri sejak 1990, dan terkenal dengan kegiatan sosial dan solidaritasnya yang tinggi. klub ini juga selalu mengingatkan kepada para anggota untuk tetap berwawasan nasional, dan selalu menjaga rasa nasionalisme.

Saat ini, HDCI semakin besar dengan memiliki anggota sekitar 5.700 orang, dari 16 pengurus daerah dan 41 pengurus cabang di seluruh Indonesia.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Bangun masjid

HDCI juga berusaha menghapus imej negatif yang melekat pada anak motor khususnya penunggang motor gede (moge) yang dianggap arogan ataupun mementingkan diri sendiri dengan cara melakukan bakti sosial.

Adapun baksos yang dilakukan adalah membangun Masjid Al Hikmah di Jalan Raya Bayongbong Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan Masjid ini dihadiri Ketua Umum HDCI, Sekjend HDCI, Pengda Jabar, Jakarta, dengan Pengurus cabang HDCI dan Bupati Kab Garut beserta jajaran Muspida, Kapolres, Dandim dan juga masyarakat sekitar.

"Kami sebagai pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Garut sangat berterimakasih dan bersyukur atas semangat HDCI yang proaktif melakukan aksi pembangunan Masjid Al Hikmah ini," papar Bupati Kab Garut Rudy Gunawan.

Sementara itu, Ketua Umum HDCI Nanan Soekarna menyampaikan, melalui bakti sosial ini HDCI ingin membangun citra yang baik dan positif tentang anak motor bagi kalangan masyarakat daerah. HDCI juga melakukan hal-hal rohani yang berguna bagi bikers itu sendiri dan juga bagi saudara sebangsa Indonesia yang penuh dengan keragaman.

"Kami melakukan ini dengan ikhlas dan penuh rasa persaudaraan yang mengerti akan keperluan untuk berbakti dan sholat meningkatkan iman kepercayaannya," terang Nanan

 

Artikel Selanjutnya
Komunitas MTMA Indonesia Bantu Promosikan Pariwisata Indonesia
Artikel Selanjutnya
Kesamaan Hobi Cetus Berdirinya Mio Kaskus Community