Sukses

Keren, Odometer Moge Pria Ini Capai 1,6 Juta Kilometer

Liputan6.com, Maine - Bagi sebagia orang, odometer yang tinggi adalah bukti kecintaan mereka terhadap kendaraan, baik motor atau mobl. Al Zahrt, pemilik Pro Motorsports di kota Maine, Wisconsin, Amerika Serikat (AS), tahu betul akan hal itu.

Motor Zahrt, Honda Gold Wing, dari dibeli sampai saat ini, telah menempuh 1 juta mil, atau setara 1,6 juta Kilometer. Rekor ini ia raih setelah mengendarai sejak 1975, ketika dirinya berusia 19 tahun. Demikian seperti yang dilaporkan Ride Apart.

Zahrt sebetulnya tidak pernah begitu peduli pada odometer motornya. Dia hanya melewati hari demi hari dengan berkendara. Sampai kemudian ia melihat odometer menembus angka 500 ribu mil.

"Saya tidak pernah benar-benar memikirkannya. Tapi kupikir, baik saya akan terus berjalan dan melihat apa yang terjadi," terangnya. Dan sampailah ia di angka 1 juta mil.

1 juta mil diperolehnya setelah berkendara selama 41 tahun, dan melewati 48 negara bagian AS, serta beberapa provinsi di Kanada. Zahrt mengatakan bahwa rata-rata ia berkendara sekira 25 ribu mil atau setara 40an ribu km per tahunnya.

Ia menggunakan Honda Wing terutama pada April sampai November, ketika pekerjaan menuntutnya harus berpergian cukup jauh.

Sepanjang itu, motornya sendiri telah mengalami tiga kali penggantian mesin. Kondisi motor saat ini sudah cukup mengkhawatirkan, meski masih laik jalan.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Sejarah

Honda Gold Wing adalah nama lineup motor touring yang pertama kali diperkenalkan di Cologne Motorcycle Show pada Oktober 1974. Model ini cukup laris terutama di Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan Jepang. Angka penjualannya sudah lebih dari 600 ribuan unit.

Di Indonesia sendiri Gold Wing di antaranya digunakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pada 2005, Gold Wing datang sebagai motor hibah dari Honda. Pihak Paspampres kemudian secara reguler membelinya pada 2010 sampai 2015.

Pada 2018 nanti, Honda akan merilis Gold Wing baru dengan beragam ubahan, termasuk fitur baru. Dilansir Autoevolution, Honda Gold Wing 2018 akan dilengkapi ABS, mode berkendara, kontrol traksi, dan sistem infotainment yang mewah sebagai fitur standar. Model ini juga akan mendapatkan transmisi dual clutch seperti Honda Africa Twin baru.

Paling spesial, Gold Wing ini akan mendapatkan suspensi depan baru seperti BMW Duolever. Suspensi ini cukup unik, karena berupa lengan ayun yang menjepit roda dan terhubung ke stang kemudi. Suspensi ini bisa meredam guncangan, dan menyesuaikan dengan mode berkendara.

Artikel Selanjutnya
Unggah Foto Supercar, Mobil Baru Sule?
Artikel Selanjutnya
Lima Mobil Listrik Terdahsyat dan Tercepat Sejagat