Sukses

Honda Belum Tentukan Nasib CBR250RR Versi Telanjang

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki beragam varian untuk mengisi celah-celah segmen di Indonesia. Namun, terdapat celah yang belum terisi, seperti naked bike 250 cc dan motor trail 150 cc. Sebenarnya AHM memiliki varian sport 250 cc yang bisa saja ditawarkan versi telanjang, yaitu CBR250RR.

Motor naked bike 250 cc di Indonesia dihuni oleh Kawasaki Z250, Yamaha MT-25, dan KTM Duke 250. Menanggapi hal tersebut, Thomas Wijaya, Marketing Director PT AHM, mengungkapkan, "Kita harus melihat dari dua sisi, dari sisi kita tentu harus melakukan studi internal, dan juga kita harus melihat dari sisi konsumen."

"Market di segmen sport high end ini dua tahun terakhir sedang slow down. Apakah slow down, apakah nanti kembali baik? Kita harus melihat terlebih dahulu. Dan yang terpenting, apakah konsumen membutuhkan pilihan di luar yang sekarang? Semuanya harus kita pelajari dulu," sambung Thomas, di sela Honda Bikers Day, Bukittinggi, akhir pekan lalu.

Berdasarkan data AISI kuartal pertama 2017, penjualan sport Honda paling laris yaitu Honda CB150R Street Fire sebanyak 7.521 unit, kemudian CBR150R 7.241 unit, Verza mencapai 6.204 unit, lalu CBR250RR dan Mega Pro masing-masing tercatat 869 unit dan 381 unit. Untuk segmen sport turun 30 persen dibanding tahun lalu.

Jika CBR250RR versi naked suatu saat diperkenalkan di Indonesia, karena berbasis CBR250RR, maka mesinnya berkapasitas 249, 7cc, liquid-cooled, 4-Tak, DOHC, 8 valve, paralel twin cylinder berkekuatan 36,3 Tk dengan torsi puncak 22,5 Nm.

Simak Juga Video Menarik Berikut:

1 dari 2 halaman

Menanti Motor Trail 150 Cc Honda, Kapan Meluncur?

Masih ingat dengan motor konsep 150 cc yang dipamerkan oleh PT Astra Honda Motor di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu? Yap, motor konsep 150 cc dengan gaya trail tersebut diduga sebagai Honda CRF150 yang didatangkan untuk menguji reaksi pasar Indonesia.

Mengapa Liputan6.com duga sebagai CRF? Karena pada bagian tangki tertera stiker bodi bertuliskan CRF yang cukup jelas untuk dibaca.

Pertanyaannya, apakah Honda berniat untuk menjual model ini? Mengingat pemain di kelas ini sangatlah sedikit, saat ini diisi oleh Kawasaki KLX 150 dan Viar Cross X 150 saja.

"Untuk saat ini masih kita pelajari terlebih dahulu, untuk masalah modelnya, timing-nya, dan jika diproduksi akan di mana nantinya," ucap Marketing Direktur AHM, Thomas Wijaya, di sela-seal acara Honda Bikers Day, Sabtu (26/8), Bukittinggi, Sumatera Barat.

Menyoal pasar adventure, Thomas mengakui pasarnya masih berkembang. "Misalkan untuk CRF 250, order baru kita mencapai 80 unit per bulan. Selama lima bulan ini masih terbilang ok. Kita lihat trennya akan terus berkembang," pungkas Thomas.

Artikel Selanjutnya
Kia Picanto Versi Garang Meluncur Pekan Depan
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Warna Suzuki Jimny Baru dan Polisi Sadis