Sukses

Komunitas Honda Civic FD Purwasuka Resmi Terbentuk

Liputan6.com, Jakarta - Para pecinta mobil Honda Civic generasi ke-8 (Civic FD) di daerah Purwakarta, Subang, dan Karawang akhirnya terbentuk. Dengan beranggotakan 19 pemilik Civic FD, FD Squad Chapter Purwasuka diresmikan.

Terbentuknya FD Squad Chapter Purwasuka, tidak lepas dari inisiatif beberapa anggota yang sebelumnya ikut di FD Squad Chapter Bekasi dan Chapter Bandung tapi berdomisili di daerah Purwakarta, Subang dan Karawang untuk tetap bersilaturahmi tapi dengan jarak domisili yang tidak terlalu jauh, karena selama ini para anggota selalu kopdar (kopi darat) di daerah Bekasi maupun Bandung.

Deklarasi FD Squad Chapter Purwasuka dilaksanakan Sabtu, 26 Agustus 2017 di Dewi Air Resto Karawang dengan mengundang chapter-chapter FD Squad Indonesia yang berdekatan dengan kota Karawang dan juga mengundang multi komunitas mobil di daerah Jabodetabek, Banten, Karawang, Subang, Purwakarta, dan Bandung

Acara yang berlangsung sederhana ini, diawali dengan doa, serta pemotongan nasi simbolisasi berdirinya FD Squad Purwasuka, juga disertai dengan arahan dari pihak aparat kepolisian dalam kesempatan kali ini oleh Kanit Dikyasa Lantas Polres Karawang, Ipda Andrianto.

FD Squad Chapter Purwasuka bermarkas di Cluster Courtyard Blok A no.16, Galuh Mas, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, sangat terbuka bagi pecinta FD yang ingin bergabung atau kumpul bersama. 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Modifikasi Honda Civic FD

Seorang modifikator sejati, akan selalu merasa gatal jika melihat mobil dalam keadaan standar. Misalkan saja Rainhard dengan Honda Civic FD2 lansiran 2007. Memang, dalam keadaan standar aja, sebenarnya Civic memiliki DNA sport. Sementara varian performa tinggi dari Civic, yaitu Type R, memiliki reputasi gemilang di kalangan pecinta otomotif.

Merasa kurang gereget dengan keadaan standar, Rainhard lalu merombak mobilnya. Tidak tanggung-tanggung, semua bagian mobil dimodifikasi sesuai dengan keinginannya. Baik dari segi eksterior, interior, mesin, hingga bagian transmisi.

Sektor eksterior menggunakan satu set body kit berdesain Civic GT berbahan serat karbon yang dipercayakan kepada bengkel D Project. Bagian serat karbon menyelimuti bonnet, fender, cover spion, rear spoiler (Js Racing), dan pilar pintu. Lampu standar ditanggalkan, kini menggunakan headlamp projector custom dan stoplamp LED light. Untuk menyempurnakan tampilan luar, Rainhard menyematkan pelek BBS CF A1745 berdiameter 18 inci.

Untuk mengimbangi tampilan luar full racing, bagian interior disematkan bahan serat karbon pada bagian lingkar kemudi, dasbor, konsol, hingga ke bucket seat. Meskipun mengadopsi nuansa racing, bagian kabin disemati sistem audio berkualitas tinggi. Seperti subwoofer Rockford P1 12 inci, power amplifier audio, speaker depan flux BC 361 3 way, rear speaker trans coaxial, dan head unit berkualitas tinggi.

Dan bagian terpentingnya adalah performa. Mesin standar diganti dengan bawaan Type R berkode K20Z. Awalnya mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis, namun belakangan ini dipadukan dengan transmisi manual bawaan Type R.

Untuk mengoptimalkan performanya, Rainhard menyematkan berbagai produk aftermarket, seperti Simota open filter carbon, intake dari Honda Acura, Dasteq Unichip Q+, header Dynatech 421 system, dan knalpot Tanabe. Hasil racikan modifikasi Rainhard mengantarkannya menjadi juara perlombaan dyno test di kelas naturally aspirated.

Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda
Artikel Selanjutnya
Ribuan Bikers Padati Bukittinggi, Ada Apa?