Sukses

Virus Turbo Menjangkiti Mesin Honda

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air, tengah asik bermain dengan mesin turbo. Setelah Honda Civic turbo, teknologi mesin VTEC Turbo dari pabrikan asal Jepang ini juga tersemat di Honda CR-V, Civic hatchback, dan Civic Type R.

Dijelaskan Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Honda selalu berusaha untuk menciptakan inovasi untuk mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, dan di masa depan.

"Kami percaya mesin VTEC Turbo merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen akan mesin yang bertenaga namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Saat ini teknologi turbo telah menjadi tren di berbagai belahan dunia, dan kami bangga karena juga bisa menghadirkannya untuk konsumen di Indonesia," jelas Jonfis dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/8/2017).

Mesin VTEC sendiri merupakan penyempurnaan dari serangkaian mesin yang diciptakan pabrikan berlambang huruf 'H' ini, untuk memenuhi kebutuhan akan performa yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan.

Berbeda dengan mesin konvensional maupun sistem turbo lainnya, mesin VTEC Turbo dirancang dengan mekanisme yang terinspirasi dari sistem daur ulang, dan memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam silinder, sehingga meningkatkan efisiensi pembakaran untuk menghasilkan tenaga maksimal, dan hemat bahan bakar.

Dengan begitu, Honda mampu menciptakan mesin dengan ukuran lebih kecil namun dengan performa yang setara dengan mesin konvensional berkapasitas besar.

Sebagai gambaran, mesin VTEC Turbo berkapasitas 1,5 liter yang diterapkan pada all new Honda CR-V mampu menghasilkan tenaga sebesar 187,3 Tk pada 5.600 rpm, sama dengan mesin konvensional 2,4 liter sebelumnya yang menghasilkan daya hingga 187,3 Tk pada 7.000 rpm.

Selain berpengaruh terhadap performa, dengan ukuran mesin yang lebih ringkas juga berpengaruh pada bobot keseluruhan mobil.  Jika bobot mesin terpotong, maka konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Paling penting, dengan ukuran mesin yang lebih kecil, konsumen juga mendapatkan nilai lebih dengan biaya pajak yang lebih murah.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Penghargaan

Kesuksesan Honda dengan mesin VTEC Turbo juga mendapatkan  dengan mendapatkan Apresiasi Inovasi 2017 untuk kategori Inovasi Produk & Teknologi.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap PT HPM dalam memperkenalkan mesin Turbo yang memiliki inovasi teknologi terdepan ke Indonesia.

Seleksi untuk penghargaan ini, dilakukan dengan metode analisa data sekunder terhadap para partisipan, yakni lembaga kementerian, non-kementerian dan perusahaan swasta. Penilaian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu inventaris data kandidat, seleksi melalui analisa data sekunder, dan penentuan pemenang.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Mazda Buka Peluang Hidupkan Lagi Mesin Rotary?