Sukses

Tanam Saham ke Grab, Apa yang Toyota Incar?

Toyota Tsusho Corp, anak perusahaan Toyota Motor yang bergerak di bidang trading, dilaporkan akan menginvestasikan sejumlah uang ke Grab.

Liputan6.com, Tokyo - Layanan berbagi kendaraan (ride-sharing) semakin menjamur. Gagasan utamanya adalah bahwa satu kendaraan bisa dipakai bersama dengan kompensasi bagi pemilik kendaraan berupa berbagi biaya perjalanan seperti bayar tol atau bensin.

Bagi perusahaan otomotif, menjamurnya ride-sharing dilihat sebagai bisnis yang harus diintervensi. Toyota adalah satu perusahaan yang sadar betul akan hal ini.

Toyota Tsusho Corp, anak perusahaan Toyota Motor yang bergerak di bidang trading, dilaporkan oleh Bloomberg akan menginvestasikan sejumlah uang ke Grab, perusahaan yang bergerak di bidang ride-sharing terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

"Dengan kolaborasi dengan Grab, kami ingin mengeksplorasi cara baru untuk menghadirkan layanan mobilitas yang aman, mudah, dan menarik bagi pelanggan armada kami di Asia Tenggara," terang Shigeki Tomoyama, Senior Managing Officer Toyota.

Menurut Bloomberg nilai investasi Toyota ke Grab mencapai 6 miliar Yen atau setara Rp Rp 724 miliar.

Lantas apa yang bakal didapat Toyota dari investasi yang nilainya tidak bisa dibilang sedikit ini? Toyota akan memperoleh keuntungan dengan mendapat akses terhadap pola berkendara dari para mitra Grab. Mereka akan merekam dan menganalisa pola berkendara 100 mobil Grab di Singapura.

Sebagai timbal balik, nantinya Toyota akan memberikan sejumlah rekomendasi apa yang bisa ditingkatkan oleh manajemen Grab, bahkan oleh sopir Grabnya sendiri.

"Kami yakin ini akan menguntungkan mitra pengemudi kami," terang CEO Grab Anthony Tan. "Kami harap dapat menjajaki cara lain untuk berkolaborasi dengan Toyota di masa depan," tambahnya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Grab dan Yamaha

Di Indonesia, Grab salah satunya menjalin kerja sama dengan PT Putera Persada Nusantara (Putera Group), salah satu dealer utama untuk konsumen fleet sepeda motor Yamaha.

Enam program yang akan diberikan khusus bagi mitra Grab (driver Grab). Dari enam itu, satu program unggulan adalah program kepemilikan motor dengan iuran terendah.

Sebagai ilustrasi, misalkan ada yang membeli Mio Z melalui program ini, dengan mereka yang membeli model yang sama namun program standar, maka selisih di antara keduanya bisa mencapai Rp 2,6 juta.

Untuk bisa mengakses program ini, Rino menjelaskan bahwa pertama-tama yang harus dilakukan mitra adalah membuka situs Putera Group, dimana ini berfungsi untuk membuat SPK secara online. Pilihan lainnya adalah melakukan pemesanan dengan pesan instan WhatsApp.

Tidak semua motor bisa diperoleh dengan program ini. Ada sembilan model yang dapat diperoleh, yaitu Mio M3, Mio Z, all new Soul GT, Fino 125, X Ride, MX King 150, V-Ixion Advance, serta R15. Model-model ini merupakan model yang cukup populer di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.