Sukses

Duo Pembalap MotoGP Jajal Kasta Terendah Suzuki GSX-R

Liputan6.com, Silverstone - Andrea Iannone dan Alex Rins, dua pembalap Suzuki Ecstar, menjajal motor sport full fairing baru GSX-R125 di Sirkuit Silverstone, Inggris, beberapa hari yang lalu.

Ini dilakukan dalam rangka promosi. Diketahui bahwa GSX-R125 baru akan diluncurkan di pasar Eropa musim panas ini. Selain Eropa, motor juga dijual di pasar Amerika Selatan.

Juru bicara Suzuki, dikutip dari ultimatemotorcycling, Kamis (31/8/2017), menyebutkan bahwa motor ini "menjanjikan rasio power-to-weight dan kinerja akselerasi di kelas 125 terbaik, dan juga telah dibuat dengan dedikasi yang sama seperti motor GSX-R lainnya".

Kalau belum tahu, GSX-R125 adalah varian entry level atau kasta terendah dari lineup motor sport Suzuki GSX-R. Motor ini dibangun dengan platform yang sama dengan GSX-R150, motor sport yang dijajakan Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk pasar Indonesia.

Apa yang membedakan keduanya adalah standar emisi GSX-R125 lebih baik, selain daripada kubikasi mesinnya. Model ini sudah kompatibel dengan standar emisi Euro4. Motor ini juga memakai knalpot yang berbeda, serta sistem pengereman yang menggunakan perangkat ABS.

Di luar itu, sekilas tampak sama. Lampu utamanya, misalnya, telah mengadopsi LED. Begitu juga dengan panel LCD, serta keyless ignition.

Untuk diketahui, GSX-R pertama adalah model 750, yang diluncurkan pada 1986. Setelah 31 tahun berselang, lebih dari satu juta GSX-R terjual di seluruh dunia. Beberapa model lain, di antaranya GSX-R1000R, GSX-R1000, GSX-R750, serta GSX250R.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Dewa penyelamat

Penjualan kendaraan roda dua Suzuki terus tergerus dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Akibat angka penjualan yang terus merosot, posisi Suzuki yang selalu berada di urutan tiga besar berhasil dilampaui Kawasaki. Untungnya ada GSX-R.

Setelah melahirkan duet GSX-R150 dan GSX-S150, Suzuki Indonesia mulai percaya diri membangun kembali "kerajaan" mereka di pasar nasional. Pasalnya, kedua model anyar ini trennya sedang sangat baik dalam membantu mendongkrak penjualan Suzuki.

Hasilnya, jaringan-jaringan dealer yang sebelumnya tutup mulai berdiri lagi. "Karena sekarang penjualan Suzuki naik lagi, banyak dealer yang kemarin sudah tutup sekarang buka lagi," kata Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales Seiji Itayama.

Dealer yang berada di bawah naungan SIS sendiri saat ini ada 64 outlet. Menurut Itayama, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan mitra bisnisnya untuk membangkitkan kembali dealer-dealer Suzuki.

Artikel Selanjutnya
Jadwal MotoGP 2017 Bulan September
Artikel Selanjutnya
Kualifikasi MotoGP Inggris: Marquez Asapi Rossi