Sukses

Marak Pemalsuan Nomor Rangka dan Mesin Mobil, Begini Cara Ceknya

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak kasus penjualan mobil bekas dari hasil curian, dan mengganti nomor rangka serta nomor mesin dari mobil lain. Dengan begitu, mobil tadahan ini layaknya mobil biasa yang dijual dengan harga normal.

[bacajuga:Baca Juga](3073978 3072321 3074

Untuk mencegah hal tersebut, sebagai calon konsumen sebaiknya mengetahui letak nomor rangka atau Vehicle Indentification Number (VIN), dan bagaimana cara membedakan nomor rangka dan mesin yang asli dan palsu.

"Untuk memalsukan nomor rangka dan mesin bisa saja, dan diketok ulang biasanya. Tapi, harusnya akan sulit, sebab jenis huruf dan jarak antar huruf dibuat pabrik dengan mesin," terang Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman kepada Liputan6.com baru-baru ini.

Lanjutnya, selama ini, ia tidak pernah menemukan adanya nomor rangka dan nomor mesin mobil Toyota yang dipalsukan. Pasalnya, seperti yang diterangkan sebelumnya, hal tersebut sulit dilakukan karena semua cetakan nomor dilakukan dengan mesin.

"Kecuali si pemalsu memang punya mesin yang sama," jelasnya sambil bercanda.

Sementara itu, untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin yang asli, sebaiknya calon pembeli mobil bekas melakukan cek fisik, layaknya pemeriksaan untuk memperpanjang STNK lima tahunan.

"Cara mencocokannya 'digesek' untuk menyamakan dengan yang asli dari pabrikan, biasanya ada di faktur pembelian pertama," pungkasnya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Letak Nomor Rangka

Untuk letak nomor rangka dan nomor mesin, kita ambil contoh kendaraan Toyota. Toyota Avanza dan Rush, untuk nomor rangka terletak di frame depan kiri, dan terletak di dekat power steering. Sedangkan untuk nomor mesinnya, terletak di bawah sensor VVT-i (OVC Sensor).

Sementara itu, nomor rangka Toyota Kijang Innova terletak di roda depan kiri bagian dalam, dan nomor mesin terletak di bagian bawah intake manifold untuk tipe bensin, dan bagian bawah common rail untuk tipe diesel.

Toyota Rush memiliki nomor rangka di bodi samping depan kiri dekat power steering, dan nomor mesin di bawah sensor VVT-i. Toyota Vios dan Limo nomor rangka terletak di bawah jok depan kanan pengemudi, dengan nomor mesin di bawah intake manifold.

Sedan lain Toyota, yaitu Altis rangkanya terletak di bawah jok depan kanan pengemudi dan nomor mesin di dekat exhaust manifold.

Artikel Selanjutnya
Top3: Turbocharger dan Risiko Kebakaran Mobil
Artikel Selanjutnya
Polisi Bekuk 4 Sindikat Pemalsu STNK Beromzet Ratusan Juta