Sukses

Begini Cara Melibas Tikungan yang Benar

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh menggunakan motor kesayangan merupakan sebuah ritual yang menyenangkan untuk dijalani pecinta roda dua. Menaklukkan tikungan demi tikungan di jalan pegunungan menjadi tantangan tersendiri.

Namun, untuk menikung menggunakan motor membutuhkan keterampilan khusus. Jika tidak hati-hati, bisa berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Lantas bagaimana cara menikung yang benar? Berikut ini lima tips untuk melahap tikungan, dikutip dari rushlane:

1. Fokuskan Pandangan
Hal terpenting sebelum berbelok adalah memperhatikan keadaan sekitar terlebih dahulu. Dengan mengindentifikasi lingkungan, Anda mendapatkan informasi seputar kondisi lalu lintas dan seberapa tajam tikungan tersebut.

Saat berbelok, arahkan pandangan Anda ke arah tujuan. Dengan begitu, tubuh Anda akan secara spontan mengarahkan laju motor.

2. Pengereman
Setelah mengidentifikasi jalur, Anda sudah dapat memperkirakan braking line yang akan diambil. Pengereman sebaiknya dilakukan sebelum Anda 'merebahkan' diri bersama motor.

Biasanya, pengereman akan disertai dengan penurunan gear yang tepat dengan memuntir selongsong gas (menaikkan putaran mesin) untuk mencegah ban belakang terkunci. Fokuskan pengereman pada rem depan sebelum memasuki tikungan, Anda juga bisa menggunakan rem belakang dengan porsi 30 persen.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Pengaturan Gas
Setelah Anda melakukan pengereman dan siap menikung, kunci utamanya adalah pengendalian gas. Biarkan momentum yang sudah terjaga membiarkan Anda melaju melewati apex atau pelintir gas hingga 30 persen. Putar gas secara perlahan setelah melewati apex, dan setelah motor berada di posisi lurus, Anda bisa memutar gas secara penuh.

4. Meluncur Dengan Mulus
Menikmati tikungan dengan mulus tanpa banyak koreksi memberikan kepuasan tersendiri. Tidak perlu terburu-buru untuk melahap sebuah tikungan, karena untuk melatih feel kecepatan yang tepat membutuhkan waktu. Anda tidak perlu melakukan knee down, karena tidak semua tikungan membutuhkan knee down.

5. Yang Perlu Diingat
Hindari melakukan pengereman saat menikung, karena akan mengurangi ground clearance pada motor, serta bobot motor akan pindah ke depan. Hal ini juga bisa mengganggu kestabilan.

Jika motor menikung terlalu dalam, hindari menurunkan gear karena akan mengurangi traksi pada roda belakang. Dan jangan lupa, gunakan perlengkapan riding yang memadai dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
2 Ritual Rossi yang Bikin Penasaran Penggemarnya