Sukses

Deretan Supermoto Terbaik di Dunia Saat Ini (Bagian 1)

Setidaknya ada 10 supermoto terbaik dan paling favorit di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Supermoto, jenis sepeda motor yang mampu digunakan di jalur aspal dan off road, dewasa ini semaki digandrungi. Di Indonesia, ada beberapa pabrikan menjual motor tersebut, hanya saja yang paling menonjol adalah Kawasaki D-Tracker.

Namun tak sedikit dari masyarakat membeli motor jenis trail yang dilengkapi ban tahu, kemudian setelah itu beberapa bagiannya dirombak seperti pada ban, pelek, dan suspensi agar mirip jenis supermoto.

Kendati begitu, di berbagai dunia, kendaraan roda dua jenis supermoto cukup populer. Tak heran jika para pabrikan menawarkan berbagai jenis supermoto dengan keunggulannya.

Bahkan melansir situs online Visordown, ada beberapa jenis supermoto yang saat ini tergolong terbaik.

Mau tahu, berikut daftarnya:

10. Husqvarna 701 Supermoto

Sepeda motor asal Swedia ini masuk menjadi 10 terbaik dalam situs Visordown. Husqvarna 701 Supermoto memang merupakan evolusi dari model sebelumya. Meski terlihat sama seperti pada frame dan bodywork, namun yang paling membedakannya adalah warna grafisnya dengan tema Swedish Heritage.

Kendati begitu, jantung pacu motor ini ternyata paling berubah, di mana dayanya naik enam Tenaga Kuda (Tk). Secara detail Husqvarna 701 Supermoto dilengkapi mesin satu silinder berkapasitas 692,7 cc berpendingin cair yang mampu memuntahkan daya sebesar 74 Tk di 8.000 rpm dan torsi 71 Nm di 6.750 rpm.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

9. KTM 690 SMC R

Pabrikan asal Austria ini mengklaim supermoto buatannya ini sangat cocok digunakan untuk harian dan cukup stabil saat dikendarai di jalanan kering maupun basah. Bodi mobil ini pun dibuat sangat ramping sehingga pas untuk diajak berpetualang.

Untuk dapur pacu, KTM 690 SMC R ini telah dilengkapi mesin silinder tunggal, 4 stroke, liquid-cooled yang dapat menyemburkan daya 66 Tk.

8. Suzuki DR-Z400SM

Di Indonesia pamor Suzuki memang sedang kembang kempis, namun secara perlahan Suzuki Indonesia sedang menyiapkan sejumlah line-up untuk kembali bersaing di pasar nasional.

Lain dengan Suzuki secara global, mereka cukup memiliki deretan produk yang cukup dipandang. Tak terkecuali untuk jenis supermoto. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Suzuki DR-Z400SM.

Suzuki DR-Z400SM disebut sangat ringan dan menjadi salah satu motor buatan Jepang yang mumpuni.

Hal ini pula dibuktikan dengan performa motor tersebut saat dikendarai di jalanan aspal maupun bebatuan. Ini tak lain berkat mesin 4-stroke, liquid-cooled, DOHC berkapasitas 398 cc, yang mampu menghasilkan daya hingga 39 Tk.

3 dari 3 halaman

Next

7. KTM 640 LC4

Sepeda motor jenis supermoto yang satu ini cukup banyak menuai pujian. Hal tersebut karena KTM 640 LC4 Supermoto sangat mudah dikendarai, desain tegas, serta memiliki kenyamanan mumpuni baik digunakan untuk jarak jauh maupun di perkotaan.

Selain itu, model-model KTM juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi meskipun di pasar bekas.

Untuk jantung pacu, sepeda motor ini dilengkapi mesin single cylinder berkapasitas 625 cc, yang mampu menghasilkan daya 53 Tk dan torsi 55 Nm.

6. Ducati Hypermotard 939

Memiliki bobot 204 kg, Ducati Hypermotard 939 merupakan bagian dari keluarga HyperMotard Ducati. Motor ini diklaim memiliki handling yang ringan dan posisi kendali yang sangat mudah bagi rider untuk berpergian.

Soal mesin tak perlu diragukan karena supermoto ini telah dilengkapi mesin 937cc, 8-valve, fuel-injected, L-twin yang mampu menghasilkan kekuatan hingga 113 Tk dan torsi 97 lb-ft.

(Bersambung...)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.